Kompolnas Dukung Polda Sumut Gunakan Face Recognition Di F1 Powerboat

Toba, Sumatera Utara – Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) mendukung pihak Polda Sumatera Utara memakai teknologi face recognition atau identifikasi wajah di kejuaraan ajang balap perahu motor internasional F1 Powerboat di Balige, Kabupaten Toba, Sumatera Utara.

“Tentu teknologi ini kami apresiasi, karena upaya Polda Sumatera Utara untuk memastikan pagelaran event F1 Powerboat ini semakin lebih bagus,” ujar Anggota Kompolnas Yusuf Warsyim di Balige, Kabupaten Toba, Sumut, Jumat.

Menurut Yusuf, pola pengamanan tahun ini ada yang baru karena dengan menggunakan teknologi identifikasi wajah, serta diharapkan tidak ada gangguan pada ajang ini agar bisa mendeteksi para pengunjung.

“Ini sangat membantu personel yang bertugas, untuk melihat pengunjung yang dicurigai seperti terkait tindakan terorisme atau daftar pencarian orang (DPO) dengan menggunakan teknologi face recognition baru yang kami temukan di event ini,” ucap Yusuf.

Dia menambahkan pengamanan yang baru ini sangat bagus untuk ke depannya, tinggal Polda Sumut memperbaiki atau menyempurnakan anev (analisis dan evaluasi).

“Karena kami melihat tahun ini lebih baik tahun sebelumnya, kami lihat persiapan pengamanan menjelang perlombaan ini sudah siap hampir 100 persen,” ucapnya.

Polda Sumut memasang 20 titik alat identifikasi wajah yang berada di pintu masuk dan venue kejuaraan F1 Powerboat tersebut.

Untuk pengamanan maksimal, Polda Sumut memasang sebanyak 40 kamera pengintai (CCTV) untuk memantau pengamanan dalam kejuaraan internasional perahu cepat F1 Powerboat.

Titik pemasangan di antaranya di veneu, pelabuhan, Mes Pemprov Sumut, kantong parkir, Taman Balige, Simpang FL Tobing, Pom Bensin, simpang greja, Simpang Jalan Masjid, Bundaran Balige, simpang Tandang Buhit, simpang Hotel Mutiara, simpang By Pass Tambunan.

Serta pemasangan CCTV portable di Veneu, pintu masuk, Pelabuhan Balige, Simpang Siliwangi, Bundaran Balige, Simpang Jalan TD Pardede dan tempat lainnya.

Selain 40 titik CCTV, Satgas Teknologi Informasi Polda Sumut juga menyiapkan alat komunikasi handy talky dan puluhan handy talky Android bagi personel pengamanan untuk memudahkan kendali dan komunikasi. Sementara untuk pelaksanaan kejuaraan dilakukan pada 2-3 Maret 2024.

Sumber: Antaranews


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *