Kompolnas Mengunjungi KemenPAN-RB Bahas Penguatan Kelembagaan

Jakarta – Komisi Kepolisian Nasional mengunjungi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas, di Jakarta, Kamis (01/02). Pertemuan ini membahas terkait penguatan kelembagaan Kompolnas.

Hadir dalam pertemuan ini para Komisioner Kompolnas: Dr. Benny Jozua Mamoto, S.H., M.Si. Drs. Pudji Hartanto Idkandar, M.M. Prof. Dr. A. Wahyurudhanto, M.Si. H. Mohammad Dawam, S.H.I., M.H. Poengky Indarti, S.H., LL.M. didampingi oleh Kaset Kompolnas Brigjen Pol. Musa Tampubolon, S.I.K., M.Si disambut juga oleh Sekretaris Kementerian PANRB Rini Widyantini, S.H., MPM. ; dan Staf Khusus Menteri PANRB Bidang Organisasi, Aparatur, dan Kepegawaian Donny Adityawarman, S.I.K., M.Si.

Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) berperan penting tidak hanya bagi masyarakat yang ingin mencari keadilan, tetapi juga bagi anggota Polri. Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas mendukung penguatan kelembagaan Kompolnas, terutama digitalisasi dalam menerima pengaduan.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Abdullah Azwar Anas mengatakan bahwa Kompolnas diharapkan bisa jauh lebih optimal dan bisa berdampak bagi masyarakat.

“Hari ini kami menerima kompolnas yang fungsinya sangat banyak diharapkan jauh lebih optimal dibanding saat ini karena ada banyak hal yang bottleneck di Polres terkait dengan peran peran kepolisian. Ini kompolnas diharapkan bisa menjadi salah satu solusi menpan. Mudah mudahan kedepan Kompolnas bisa lebih berdampak, yang sudah baik ini harapan kami kedepan bisa terus ditingkatkan.” ujar Azwar Anas.

Sebagai lembaga non-struktural, Kompolnas melaksanakan tugas dan wewenang yang berpedoman pada prinsip tata pemerintahan yang baik. Menteri Anas menyampaikan konsep birokrasi berdampak pada jajaran Kompolnas. Dari sisi tugas dan fungsi Kompolnas, dampak yang bisa dirasakan oleh masyarakat terkait keberadaan Kompolnas adalah melalui mudahnya pengaduan yang disampaikan, serta tindak lanjut atas aduan tersebut.

Ketua Harian Kompolnas, Benny Jozua Mamoto mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih atas masukan yang diberikan oleh MenPAN-RB kepada Kompolnas terkait pengelolaan lembaga yang profesional dan optimal.

“Kami dari kompolnas tentunya menyampaikan apresiasi, dan terima kasih karena kami banyak belajar, kami banyak mendapatkan masukan, bagaimana mengelola lembaga secara profesional dan optimal. Tuntutan masyarakat semakin tinggi sehingga mau tidak mau kompolnas harus menyesuaikan agar pelayanannya bisa secara optimal, kemudian juga bagaimana optimal dalam melakukan pengawasan selaku pengawas eksternal dari Polri.” pungkas Benny.

Digitalisasi pengaduan tentu suatu keharusan. Pemerintah saat ini tengah mempercepat portal nasional pelayanan publik. Nantinya, seluruh jenis layanan pemerintah bisa terintegrasi dengan portal tersebut. (Nan)

Tim Humas Kompolnas.


Posted

in

by

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *