Kompolnas Arahkan Diklat Reserse Polri Ikuti Perkembangan Zaman

Bogor – Kompolnas lakukan kunjungan kerja ke Diklat Reserse di Mega Mendung, Bogor (18/12/23). Diklat ini menarik perhatian Kompolnas karena mayoritas aduan yang masuk ke Kompolnas didominasi oleh aduan terhadap Satker Reserse. Dalam kunjungan kerja tersebut, Ketua Harian Kompolnas, Benny Jozua, menyampaikan bahwa peserta diklat perlu diingatkan dengan kondisi kekinian yaitu terkait era digital.

“Era Medsos saat ini, netizen mudah terhasut. Apabila sudah terbentuk opini, susah dinetralisir dan dapat mempengaruhi penyidik bahkan hakim. Sehingga adanya transparasi penyidikan sangat penting” ungkap Benny.

Benny juga memaparkan bahwa bahwa salah satu cara untuk membuat transparasi di era media sosial adalah dengan membuat sebuah inovasi yang bisa memfasilitasi para pengadu untuk memantau sejauh mana aduan mereka ditangani.

“Konteks inovasi yang saya maksud seperti contohnya ada salah satu Polres yang membuat grup whatsapp bagi para pelapor sehingga terjalin komunikasi dan transparansi antara Reskrim dan para pelapor” papar Benny.

Benny juga menekankan agar penyidik tidak mengabaikan rasa empati terhadap pengadu sehingga dapat melayani dengan beretika lebih baik. Paparan Benny disambut baik oleh Kadiklat Serse, Agus Santoso beserta jajaran dan akan di tindak lanjuti. (Ris)

Tim Humas Kompolnas


Posted

in

by

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *