Kompolnas Mengunjungi Polda Banten Dalam Rangka Pam Nataru

Banten – Tim Kompolnas diketuai H Mohammad Dawam menggelar kunjungan kerja dalam rangka Pam Nataru (Pemgamanan Natal dan Tahun Baru) dan Pengumpulan Data di wilayah hukum Polda Banten, Provinsi Banten, Senin (11/12/2023).

Kegiatan ini diterima langsung Kapolda dan Wakapolda Banten, Irjen Pol. Abdul Karim, SIK, M.Si., dan Brigjen Pol. H.M Sabilul Alif, SIK, M.Si bersama jajaran PJU Polda Banten. Disampaikan dalam kesempatan tersebut bahwa Kapolda telah melakukan Anev untuk Operasi Mantap Brata 2023-2024 guna mengantisipasi kunjungan Presiden dan Wapres dalam rangka Pam Nataru di Polda Banten. Bersamaan dengan hal itu, disampaikan apresiasi atas kunjungan Kompolnas yang diharapkan memberikan masukan dan saran yang diperlukan guna dijadikan masukan. Selaku Karo Ops Polda Banten Kombes Pol Dedi Suhartono SIK memaparkan berbagai hal mengenai dinamika gangguan Kamtibmas tahun 2023 dan Data naik turun kemacetan puncak di Pelabuhan Merak yang puncaknya pada hari Natal nanti akan dilakukan pengamanan “lilin maung 2023” semaksimal mungkin. Lokasi pengamanan di sekitar gereja yang ada di Polda Banten.

Personil yang ada di Polda Banten sebanyak 1.159 akan dikerahkan seoptimal. Pengamanan jalur menuju Pelabuhan Merak, Ciwandan dan Bojonegara dan disetiap jalur diberikan Pos Pengamanan, juga rekayasa lalulintas dijalur Pelabuhan Merak sudah disiapkan buka tutup jalur. Ada 7 Dermaga yang akan dioperasionalkan sebanyak 67 kapal. Pelabuhan Pelindo II Ciwanda, 10 kapal operasi dengan total Personil jaga 77. Pelabuhan Bojonegara total Personil 88 digunakan khusus untuk jalur truk-truk besar. Jalur wisata juga dilaksanakan untuk pengamanan terutama di pantai disiapkan Personil 159. Dalam pada itu, inovasi slogan Wakapolda Banten bahwa berpikir: ‘humanity science’ dalam operasi kemanusiaan perlu diutamakan. Atas komitmen itulah perlu mengambil langkah mengkoordinasikan kepada Kemenhub untuk melakukan pola operasi seperti tahun kemarin. Mengenai kekurangan personil yang masih kurang menjadi permasalahan yang ada dilapangan sehingga disampaikan dalam kesempatan tersebut.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Tim Kompolnas H Mohammad Dawam, SHI., MH, menyatakan bahwa konsep baik pada tahun-tahun sebelumnya perlu dijadikan pengalaman dan pembelajaran dihari-hari yang akan datang. Hal baik yang dilakukan pada tahun 2022 bisa dijadikan acuan pelaksanaan di tahun 2023 ini. Sebagai salah satu Anggota Kompolnas, Dawam menjelaskan bahwa salah satu Polres di Ujung Kulon terdapat Wisata Alam yang telah ditetapkan sebagai Geopark Nasional sehingga harus dimaksimalkan pola pengamanannya dengan konsep aman dan nyaman bagi semuanya. Kendali, Koordinasi, Komunikasi dan Informasi (K3I) yang dilakukan pimpinan agar betul-betul dijadikan acuan pelaksanaan anggota dilapangan. Terkait kekurangan Personil, Dawam akan menyampaikan kepada pihak pengambil kebijakan agar jumlah SDM Polda Banten perlu dimaksimalkan seiring Banten adalah Daerah Penyangga Jakarta. Terakhir, Dawam menitipkan kepada seluruh jajaran anggota agar mempedomani Surat Telegram (ST) Kapolri Nomor 1160 tentang Profesionalisme dan Netralitas Polri Dalam Pelayanan Masyarakat di Pilpres 2024 nanti.

Tim Humas Kompolnas.


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *