Survey Membuktikan, Tingkat Kepuasan Publik Meningkat Terhadap Pelayanan Kompolnas

Jakarta – Komisi Kepolisian Nasional telah selesai menggelar rangkaian kegiatan Survey Indeks Kepuasan Publik (IKP) tahun 2023. Rangkaian ini diakhiri dengan acara Focus Group Discussion yang dihadiri oleh Seluruh Anggota Kompolnas, PJU Sekretariat Kompolnas dan Jajaran, serta Narasumber PT ANS di Hotel Jakarta Selatan pada Kamis, (16/11/23).

Survey Kepuasan Publik merupakan kegiatan pengukuran secara komprehensif tentang tingkat kepuasan masyarakat terhadap kualitas layanan yang diberikan oleh penyelenggara pelayanan publik dengan tujuan untuk mengetahui kelemahan atau kekurangan dari masing-masing unsur dalam penyelenggara pelayanan publik dan untuk mengetahui kinerja penyelenggara pelayanan yang telah dilaksanakan oleh unit pelayanan publik secara periodik dalam hal ini pelayanan Saran dan keluhan Masyarakat (SKM) yang diemban oleh Bagian Dukungan Teknis (Bag Duknis) Sekretariat Kompolnas.

Acara ini diawali dengan sambutan dari Ketua Harian Kompolnas Benny Jozua Momoto. Dalam sambutannya, Benny mengatakan bahwa hasil Indeks Kepuasan Publik tahun 2022 sudah baik dan perlu ditingkatkan di tahun ini sebagai bahan evaluasi kedepan.

“Pada survey kepuasan publik Kompolnas tahun 2022 yang lalu didapatkan Indeks Kepuasan Publik sebesar 59,15 yang artinya secara umum publik menilai bahwa Kompolnas sudah baik dalam memberikan pelayanan.” kata Benny.

Benny juga menekankan pentingnya pembentukan citra Kompolnas ketika hal ini terkait dengan proses penanganan Saran dan Keluhan Masyarakat (SKM), menurutnya ini merupakan sebuah momen kritis untuk menjadi perhatian.

“Ada beberapa penekanan yang perlu saya sampaikan berkaitan pelayanan publik oleh Kompolnas dalam penanganan SKM. Pada proses penanganan SKM, akan terjadi interaksi secara langsung antara pengadu (masyarakat) dengan Kompolnas. Ketika pelayanan yang diberikan oleh Kompolnas bersentuhan langsung dengan masyarakat, maka kondisi ini menjadi momen kritis dari sebuah pelayanan yang diberikan oleh Kompolnas karena merupakan saat yang paling menentukan seberapa jauh Kompolnas mampu melayani masyarakat, yang disaat itu pula akan ikut menentukan pembentukan citra Kompolnas.” Ujar Benny.

Kompolnas bersama PT Ayaskara Nisita Synergy (ANS) menyelenggarakan Survei Kepuasan Publik terhadap Kompolnas tahun 2023.  Pendekatan penelitian menggunakan mix atau gabungan antara kuantitatif (menggunakan teknik pengumpulan data melalui kuesioner online) dan kualitatif (menggunakan teknik pengumpulan data melalui FGD online). Salah satu teknik pengumpulan data yang menggunakan FGD online dengan masyarakat yang dikategorikan masyarakat yang puas dan tidak puas terhadap pelayanan Kompolnas. Selain itu, FGD tahun ini ada terdapat dengan tahun lalu, pada tahun ini melibatkan responden dari seluruh Kasubag Dumasan Itwasda Polda Se-Indonesia untuk mengetahui hal-hal yang menjadi pendukung dan penghambat dalam proses memberikan jawaban klarifikasi kepada Kompolnas.

Hasil yang diperoleh yaitu Kompolnas mendapatkan Indeks Kepuasan Publik 64,91 (kategori Baik), meningkat 5,76% dibandingkan dengan tahun 2022 yaitu sebesar 59,15. 

Dengan demikian diharapkan para Anggota Kompolnas, PJU Sekretariat Kompolnas dan staf Sekretariat Kompolnas dapat mengetahui dan memahami aspek-aspek apa saja yang mempengaruhi kepuasan pelayanan publik di Kompolnas. Selain itu, hal ini dapat dijadikan sebagai bahan masukan bagi pimpinan dalam penanganan SKM dan memperbaiki kinerja untuk memberikan pelayanan prima kepada masyarakat. (Nan)

Tim Humas Kompolnas


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *