Seminar Nasional DRI RI Bahas Soal Kinerja Penegak Hukum, Kompolnas Rekomendasikan Tingkatkan Kualitas Pengawasan Internal dan Eksternal

Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) menghadiri acara Seminar Nasional “PERAN DPR RI DALAM MENINDAKLANJUTI ASPIRASI DAN PENGADUAN MASYARAKAT TERKAIT KINERJA PENEGAK HUKUM DI INDONESIA” yang diselenggarakan oleh Sekretariat Jenderal DPR RI di Hotel Le Meridien, Jakarta, 25 Oktober 2023.

Acara tersebut dihadiri oleh beberapa Lembaga-lembaga penegak hukum yang di Indonesia, seperti Itwasum Polri, Jaksa Agung, Mahkamah Agung, Komisi Yudisial dan lembaga pengawasan hukum lainnya.

Anggota Kompolnas Pudji Hartanto Iskandar, mengatakan bahwa aspirasi dan pengaduan masyarakat tersebut antara lain terkait penanganan kasus korupsi, kasus kekerasan seksual, dan kasus pelanggaran HAM. Pudji juga menyampaikan bahwa Kompolnas telah melakukan berbagai upaya untuk menindaklanjuti aspirasi dan pengaduan tersebut. Terutama penegakan hukum dalam tubuh Polri.

“Kompolnas telah melakukan berbagai upaya untuk menindaklanjuti aspirasi dan pengaduan masyarakat,” kata Pudji.

“Upaya tersebut antara lain berupa penerbitan rekomendasi, pengawasan, dan monitoring terhadap kinerja penegak hukum terutama Polri,” imbuhnya.

Pada Seminar Nasional tersebut, Setjen DPR RI dan Lembaga terkait juga membahas berbagai hal terkait kinerja penegak hukum di Indonesia. Salah satu hal yang dibahas adalah pentingnya meningkatkan transparansi dan akuntabilitas penegak hukum.

Selanjutnya, Pudji juga mengharapkan, kualitas dan kuantitas personel pengawasan internal (Polri) dan eksternal (Kompolnas) yang memiliki kompetensi agar ditambah untuk menekan pelanggaran yang dilakukan oleh Polri.


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *