Kunjungan Kompolnas ke Polda DIY Dalam Rangka Kesiapan Pengawasan Pemilu 2024

Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) berkunjung ke Polda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Rabu (27/9/2023) dalam mempersiapkan pengawasan Polri terhadap Pemilu 2024 mendatang.

Kompolnas diwakili oleh Anggota Kompolnas Albertus Wahyurudhanto dan Yusuf Warsyim serta didampingi oleh Kepala Sekretariat Kompolnas Musa Tampubolon.

Dalam kunjungan tersebut, Kompolnas disambut oleh Irwasda Polda DIY Kombes Pol Sigit Jatmiko dan para pejabat utama lainnya.

Dalam sambutannya, Anggota Kompolnas Albertus Wahyurudhanto berpesan kedapa para jajaran Polda DIY untuk mengantisipasi keamanan terkait pelaksanaan kampanye Pemilu 2024 nanti.

“Posisi Polri ini tidak mengikut secara langsung ke dalam Pemilu, tetapi jika Pemilu gagal maka Polisi yang akan disalahkan. Maka dari itu kami lakukan pemantauan potensi ke Kepolisian di seluruh Indonesia”, ujar Wahyu.

Selain itu, Wahyu juga menyampaikan, meskipun wilayah DIY masuk kategori hijau (kurang rawan) dengan nilai indeks 26,2. Nilai tersebut aman namun hampir bisa masuk ke kategori rawan.

“Walaupun DIY termasuk aman tetapi jangan sampai terlena. Jumlah pemilih di DIY ini akan bertambah karena adanya banyak mahasiswa atau pelajar yang ada disini”, jelasnya.

Selanjutnya, Anggota Kompolnas Yusuf Warsyim juga menyampaikan, pada saat pelaknasaan kampanye nanti, jangan sampai dilakukan secara serentak.

Yusuf juga berpesan kepada Polri untuk terus bersikap netral saat pelakasanaan Pemilu 2024.

“Terkait netralitas Polri, hal tersebut tidak mudah karena kadang-kadang terjadi ketidaknetralan karena melakukannya dengan tidak sadar. Propam agar melakukan pengawasan terhadap hal tersebut”, ujar Yusuf.


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *