Pantau Langsung Penanganan Kematian Siswa SPN Polda Lampung

LAMPUNG – Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) turun langsung ke lokasi olah tempat kejadian perkara (TKP) kematian siswa Sekolah Polisi Negara (SPN) Polda Lampung, Advent Pratama Telaumbanua, di SPN Kemiling, Kota Bandar Lampung, Rabu (23/8/2023).

Kedatangan Kompolnas dipimpin oleh Ketua Harian Kompolnas Irjen Pol (Purn) Benny Mamoto dan Anggota Kompolnas Poengky Indarti disambut baik oleh Kapolda Lampung, Irjen Helmy Santika. Ia mengatakan bahwa keterlibatan Kompolnas dalam penyelidikan ini untuk memastikan bahwa penyelidikan dilakukan secara transparan dan komprehensif.

“Kami berharap keterlibatan pihak-pihak luar, seperti Kompolnas, Ombudsman, dan Ikatan Dokter Indonesia (IDI), dapat membantu kami untuk mengungkap kasus ini dan membuat kasus ini lebih bisa diterima oleh publik,” kata Helmy.

Kompolnas dan sejumlah pihak terkait meninjau lokasi tempat ditemukannya jasad Advent di kamar asramanya. Kompolnas juga meminta keterangan sejumlah saksi yang berada di lokasi saat kejadian. Sejauh ini, Polda Lampung telah memeriksa lebih dari 30 saksi terkait kematian Advent. Kasus ini telah menarik perhatian publik yang luas, dengan banyak orang menyerukan penyelidikan yang menyeluruh. Keterlibatan Kompolnas dipandang sebagai langkah positif untuk memastikan bahwa keadilan ditegakkan.

“Tadi kami juga mengikuti gelar perkara oleh Bidpropam dan Ditreskrimum,” kata Benny di Mapolda Lampung, Rabu (23/8/2023).

Di sisi lain, Benny mengatakan, pengawasan memerlukan teknologi seperti CCTV memang sangat diperlukan untuk pemantauan pelaksanaan pendidikan.

“Sehingga nanti perilaku siswa sendiri bisa terpantau sehingga mereka tidak melakukan pelanggaran-pelanggaran, di sisi lain pembina pun terpantau kalau dia melakukan kekerasan,” kata Benny.

Benny menambahkan, Kompolnas akan bekerja secara transparan dan profesional dalam menyelidiki kasus kematian Advent. Kompolnas juga akan bekerja sama dengan Polda Lampung untuk mengungkap penyebab kematian Advent.

“Kompolnas akan bekerja secara transparan dan profesional dalam menyelidiki kasus kematian Advent. Kompolnas juga akan bekerja sama dengan Polda Lampung untuk mengungkap penyebab kematian Advent,” kata Benny.

Kematian Advent Pratama Telaumbanua telah menjadi perhatian publik. Banyak pihak yang mempertanyakan penyebab kematiannya. Kompolnas berharap dengan pembentukan tim khusus tersebut, penyebab kematian Advent dapat segera terungkap. (Nan)

Tim Humas Kompolnas.


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *