Home / Berita Kompolnas / Tujuh Polda Naik Tipe, Kompolnas: Harus Diikuti Peningkatan Kinerja

Tujuh Polda Naik Tipe, Kompolnas: Harus Diikuti Peningkatan Kinerja

Farouk Arnaz / EHD Jumat, 17 April 2020 | 19:02 WIB

Jakarta, Beritasatu.com – Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) berharap kenaikan tipe tujuh Polda dari semula dipimpin Brigadir Jenderal (Brigjen) menjadi dipimpin Inspektur Jenderal (Irjen) diikuti dengan peningkatan profesionalitas kinerja dan pelayanan kepada masyarakat.

Tujuh Polda Naik Tipe, Kompolnas: Harus Diikuti Peningkatan Kinerja
Poengky Indarti ( Foto: Antara )

“Harus naik kinerjanya baik pimpinan dan anggotanya dalam melayani, melindungi, mengayomi, dan menegakkan hukum,” kata Komisioner Kompolnas Poengky Indarti saat dihubungi Beritasatu.com Jumat (17/4/2020).

Supaya efek kenaikan itu terasa bagi masyarakat, Porngky melanjutkan, kenaikan tipe ini harus diikuti kenaikan jumlah dan kapasitas SDM, melengkapi sarana dan prasarana, dan s pemenuhan anggaran. “Secara bertahap diharapkan juga dapat melengkapi pembangunan polsek atau polres yang masih kurang, agar pelayanan kepada masyarakat lebih maksimal,” sambung Poengky.

Mantan Direktur Imparsial ini yakin kenaikan ini bukan sekadar menambah kursi bagi jenderal Polri. Dia menyitir contoh di masa lalu saat Polda Maluku juga naik tipe dari Brigjen menjadi Irjen.

“Di sana Kompolnas melihat ada penambahan anggaran, sarana prasarana, dan SDM dimana saat Kompolnas menggelar acara tatap muka dengan Forkopimda dan tokoh masyarakat , mereka mengakui naiknya tipe Polda berdampak signifikan pada terselenggaranya harkamtibmas,” imbuhnya.

Seperti diberitakan tujuh Polda yang naik tipe itu adalah Polda Sulawesi Tenggara, Sulawesi Barat, Kalimantan Utara, Bangka Belitung, Gorontalo, Maluku Utara, dan Papua Barat.

Pada Februari lalu Kapolri Jenderal Idham Azis memgatakan saat ini ada 418 jenderal Polri baik di struktur dan di luar struktur.
Rinciannya satu orang bintang empat, 11 bintang tiga, 118 bintang dua, dan 298 bintang 1. Dengan kenaikan tujuh Polda maka akan ada tujuh posisi baru untuk jenderal bintang 1.

Sumber: BeritaSatu.com

Link sumber: https://www.beritasatu.com/hukum/622031/tujuh-polda-naik-tipe-kompolnas-harus-diikuti-peningkatan-kinerja