Home / Berita Kompolnas / Tegas Tapi Humanis,Cara Polri Cegah Pemudik Dipuji

Tegas Tapi Humanis,Cara Polri Cegah Pemudik Dipuji

Minggu, 26 April 2020

INILAHCOM, Jakarta – Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) mengapresiasi kinerja Korlantas Polri dalam mencegah masyarakat yang hendak mudik sesuai dengan kebijakan pemerintah yang menyatakan larangan mudik. Cara Korlantas Polri menghadapi para pemudik dinilai tepat.

Komisioner Kompolnas Poengky Indarti (Foto : Istimewa)

“Sejauh ini saya melihat Korlantas sudah melaksanakan tugasnya dengan baik untuk melayani, mengayomi, melindungi masyarakat dan menegakkan hukum guna mewujudkan harkamtibmas,” ujar Komisioner Kompolnas, Poengky Indarti saat dihubungi, Minggu (26/4/2020).

Menurut Poengky, pendekatan Korlantas menghadapi pemudik yang nekat untuk mudik walau jalanan sudah disekat cukup baik. Meski tegas, penyampaian Korlantas secara di humanis di lapangan dengan mengimbau masyarakat untuk mengurungkan niat sangat tepat.

“Pada saat Pemerintah melarang masyarakat untuk mudik, Korlantas menerapkan penyekatan-penyekatan serta meminta para pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum untuk memutar balik arah kembali ke Jakarta atau daerah asal keberangkatan,” jelasnya.

Selain mengedepankan upaya humanis, Korlantas juga menggunakan kemajuan teknologi untuk memantau masyarakat yang nekat mudik. Lewat drone serta CCTV, Korlantas dapat mengetahui dengan cepat masyarakat yang ketahuan untuk tetap mudik.

“Korlantas selain mengerahkan sumber daya manusia, juga menggunakan kemajuan teknologi, antara lain dengan command center, komunikasi canggih, drone dan CCTV untuk memantau arus lalu lintas,” ucapnya.

Cara Korlantas ini dianggap efektif sehingga membuat masyarakat mengurungkan niat untuk mudik ke kampung halaman di tengah pandemi Covid-19.

“Cara-cara yang digunakan Korlantas tegas namun humanis. Hal ini membuat masyarakat segan dan mematuhi arahan polisi,” sambung dia.

Meski begitu, Poengky memberikan saran agar Korlantas juga menyiapkan skenario penyekatan di jalur-jalur tikus yang dimanfaatkan para pemudik untuk pulang kampung.

“Tetapi harus diakui memang ada saja cara-cara nakal main kucing-kucingan yang dilakukan oleh orang-orang yang ingin mudik. Nah, cara-cara ini yang harus diantisipasi Korlantas, misalnya menyiapkan penjagaan di beberapa jalan “tikus” menuju daerah,” urainya. []

Sumber: Inilah.com

Link sumber: https://inilah.com/news/2571140/tegas-tapi-humaniscara-polri-cegah-pemudik-dipuji