Home / Berita Kompolnas / Tegas! Kompolnas Minta Oknum Polantas yang Pungli dan Bawa Sabu Dipecat dan Dibui

Tegas! Kompolnas Minta Oknum Polantas yang Pungli dan Bawa Sabu Dipecat dan Dibui

JAKARTA – Komisioner Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) Poengky Indarti mengaku sangat kecewa dengan ulah oknum polisi lalu lintas yang kedapatan menyimpan narkotika jenis sabu saat melakukan razia ilegal dan menarik pungutan liar di pintu keluar Tol Semanggi, Jalan Jenderal Gatot Subroto, Jakarta Selatan.

Poengky menilai ulah oknum tersebut merupakan tindakan tercela dan melawan hukum. Ia juga meminta para pelaku diperiksa motif dari perbuatannya tersebut.

“Oknum pelaku razia ilegal harus dicek motifnya. Jika berniat melakukan pungli maka yang bersangkutan harus juga diproses pidana,” kata Poengky kepada Okezone, Jumat (25/8/2017).

Selain itu, ia meminta oknum polisi yang kedapatan membawa barang haram untuk diperiksa secara intensif oleh jajaran Polda Metro Jaya. Dari pengecekan itu nantinya dapat diketahui apakah pelaku merupakan pengedar ataukah pemakai.

“Untuk pengedar, maka harus diproses pidana dan hukumannya harus diperberat karena yang bersangkutan sebagai penegak hukum malah melanggar hukum. Jika pemakai, maka yang bersangkutan direkomendasikan untuk dipecat karena sebagai penegak hukum malah melawan hukum dan memberi contoh buruk,” tegas Poengky.

Di sisi lain, Kompolnas mengapresiasi tindakan cepat yang dilakukan Polda Metro Jaya untuk memeriksa dan menindak oknum yang mencoreng nama baik Korps Bhayangkara tersebut.

Meski begitu, ia berharap ada sanksi tegas kepada para pelaku untuk memberikan efek jera agar tidak melakukan tindakan serupa.

“Saya berharap jika benar terbukti bersalah, maka oknum-oknum pelaku dikenai sanksi disiplin, etik dan pidana,” pungkas Poengky.

Setidaknya, ada enam oknum anggota Polantas Polda Metro Jaya yang kedapatan menggelar razia gelap sekaligus melakukan pungutan liar (pungli). Dua di antaranya yakni Brigadir Didik Filianto dan Brigadir Reza Pahlevi ketahuan menyimpan sabu.

Sementara empat anggota lainnya yakni Brigadir Reza Fachlevi, Briptu Michael Timbun Parasian Simbolon, Bripda Afrian Pinang, dan satu lagi belum diketahui identitasnya melarikan diri saat hendak diamankan oleh anggota Biroprovos Divpropam Polri.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Halim Pagarra memastikan, akan menindak tegas enam anak buahnya tersebut. Polisi juga menyita senjata keenam oknum polisi itu karena surat izinnya ternyata sudah kedaluwarsa.

(erh/okezone.com, 25 Agustus 2017 – 07:34 WIB)
https://news.okezone.com/read/2017/08/25/338/1762705/tegas-kompolnas-minta-oknum-polantas-yang-pungli-dan-bawa-sabu-dipecat-dan-dibui