Home / Berita Kompolnas / Seragam Satpam Baru Mirip Polisi, Kompolnas Harap Tak Ada Penyalahgunaan

Seragam Satpam Baru Mirip Polisi, Kompolnas Harap Tak Ada Penyalahgunaan

Isal Mawardi – detikNews

Rabu, 16 Sep 2020 08:34 WIB

Jakarta – 

Seragam baru petugas satpam punya tampilan yang mirip seragam polisi karena warnanya cokelat. Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) meminta tak ada penyalahgunaan seragam.

“Diharapkan tidak ada penyalahgunaan ketika menggunakan seragam yang mirip tersebut,” ujar Komisioner Kompolnas Poengky lewat pesan singkat kepada detikcom, Selasa (15/9/2020).

Poengky menilai, meski secara kasatmata tampilan seragam petugas satpam yang baru dan seragam polisi terlihat mirip, masih ada perbedaan di pangkat dan simbol. Ia berharap masyarakat juga mampu membedakan kedua seragam tersebut.

“Serta diharapkan tidak ada kekeliruan dari masyarakat ketika mengidentifikasi Polri dan satpam di lapangan,” tutur Poengky.

Diketahui, Kapolri Jenderal Idham Azis telah menerbitkan aturan terbaru soal Pam Swakarsa. Pam Swakarsa dapat berupa pecalang hingga kelompok masyarakat yang dikukuhkan kepolisian.

Peraturan Kapolri (Perkap) terbaru soal Pam Swakarsa adalah Perkap Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pengamanan Swakarsa. Perkap ini ditandatangani oleh Jenderal Idham Azis pada 5 Agustus 2020.

Selain itu, seragam petugas satpam mengalami perubahan hingga mirip dengan seragam polisi. Perubahan warna seragam satpam ini diatur di dalam Perkap Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pengamanan Swakarsa.

“Jadi sesuai dengan peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pengaman Swakarsa bahwa ada perubahan warna seragam satpam,” kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Awi Setiyono di Mabes Polri Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (14/9).