Home / Berita Kompolnas / Selama Pandemik Masyarakat Puas dengan Kinerja Polri

Selama Pandemik Masyarakat Puas dengan Kinerja Polri

Jumat, 12 Juni 2020 11:42

PROKAL.CO, JAKARTA — Polri mendapatkan penilaian baik dalam kinerjanya selama masa pandemik. Kapolri Jenderal Idham Aziz memastikan bahwa telah ada survey yang menunjukkan bahwa masyarakat puas dan yakin dengan Polri.

Polisi saat PSBB di Surabaya.

Idham menuturkan, sesuai dengan survey Indikator Politik dengan responden sebanyak 1.200 orang dengan masa pengambilan sampel 16 Mei hingga 18 Mei diketahui bahwa 80,7 persen masyarakat puas dengan bantuan Polri menangani pencegahan penyebaran covid 19. “Tapi Polri tidak boleh berpuas diri dengan kinerja ini,” ujarnya dalam teleconference bersama kasatwil beberapa waktu lalu.

Untuk bidang keamanan, sebanyak 72,6 persen responden yakin dengan langkah Korps Bhayangkara selama masa pandemik tersebut. Responden juga cukup yakin dengan TNI yang mendapat 70,7 persen. “Ini menjadi enyemangat TNI dan Polri,” jelasnya.

Hasil kinerja Polri tersebut memang sudah cukup. Saat ini harus dipertahankan dan bahkan ditingkatkan. Apalagi dalam operasi kemanusiaan semacam ini. “Terus tingkatkan,” tegasnya.

Menurutnya, Polri telah melakukan sejumlah langkah. Dari membuat dapur umum, memberikan sembako, dan mengedukasi masyarakat terkait Covid 19. Ada pula Operasi Ketupat yang menjaga perbatasan daerah. “Presiden senang dengan apa yang dilakukan aparat keamanan,” jelasnya.

Kedepan Polri memang perlu melakukan inovasi. Seperti Kampung Tangguh Semeru di Jawa Timur. Dimana Polda Jatim menginisasi kampung yang tangguh dari Covid 19. “Ada Kampung Siaga di Jateng dan Kampung Tangkap di Sumsel, itu bagus,” urainya.

Sementara Komisioner Kompolnas Poengky Indarti menjelaskan, masyarakat tentunya puas bila setiap kinerja Polri dilakukan secara efektif, efisien, transparan dan akuntabel. Kompolnas juga telah memantau berbagai upaya Polri termasuk memberikan bantuan ke masyarakat. “Prinsip itu dijalankan,” tuturnya.

Dia berharap Polri terus bersinergi dengan TNI mengatasi masa pandemik ini. Sehungga, sinergitasnya juga terlihat dengan baik. “Kinerja Polri perlu diapresiasi dalam membantu masyarakat selama ini,” tuturnya. (idr)

Link sumber: https://kaltim.prokal.co/read/news/372781-selama-pandemik-masyarakat-puas-dengan-kinerja-polri.html