Home / Berita Kompolnas / Sekretaris Kompolnas RI, Apresiasi Kinerja Panpus Seleksi Catar AKPOL Mampu Hasilkan Taruna Dan Taruni Berprestasi

Sekretaris Kompolnas RI, Apresiasi Kinerja Panpus Seleksi Catar AKPOL Mampu Hasilkan Taruna Dan Taruni Berprestasi

Kompolnas.go.id,Jakarta- Komisi Kepolisian Nasional Republik Indonesia (KOMPOLNAS RI), mengapresiasi kinerja Polri dalam peningkatan Sumber Daya Manusia, khususnya pada perekrutan, Calon Taruna Akademi Kepolisian Republik Indonesai.

Ungkap apresiasi itu, disampaikan Sekretaris Kompolnas RI, Irjen Pol (Purn) Drs Bektor Suprapto,M.Si, saat menghadiri acara penandatangan pakta integritas dan pengambilan sumpah, seleksi tingkat pusat penerimaan Catar AKPOL T.A 2020, bertempat di auditorium STIK/PTIK,pada Kamis (30/7/ 2020) kemarin.

“ Selaku Sekretaris Kompolnas RI, saya menyampaikan apresiasi kepada Polri, yang sangat maju di dalam proses seleksi Catar AKPOL selama 4 tahun. Untuk seleksi Catar AKPOL yang dilakukan bagian Staf Sumber Daya Manusia (SSDM) Polri sungguh luar biasa,”tutur Sekretaris Kompolnas RI.

Menurutnya, dikatakan luar biasa-nya seleksi Catar AKPOL,  dilihat dari adan-nya transparansi dan serta akurat yang bisa dilihat langsung oleh para orang tua maupun peserta Catar AKPOL

“Untuk seleksi Catar AKPOL, luar biasa. Kenapa saya katakan luar biasa, karena sangat-sangat transparan. Orang tua maupun peserta Catar AKPOL bisa mengikuti proses seleksi dengan baik dan hasilnya saat itu juga diumumkan. Bahkan saya sendiri yang menyaksikan langsung bagaimana pelaksanaan seleksi Catar AKPOL,”ungkap Sekretaris Kompolnas RI.

Sekretaris Kompolnas RI,Irjen Pol (Purn) Drs Bekto Suprapto,M.Si, Saat Menyampaikan Sambutan

Ia berharap, kepada panitia seleksi tingkat pusat penerimaan Catar AKPOL untuk dapat mempertahkan pelaksanaan seleksi yang transparan dan akuntabel.

“ Hasil kerja keras dari panitia pusat seleksi Catar AKPOL, yang transparan dan akuntabel tentunya dapat menghasilkan para Taruna dan Taruni AKPOL lebih unggul dari Taruna AKMIL,” Ucapnya.

Bekto juga menceriterakan kisahnya, sewaktu menjadi Taruna AKPOL dengan menginginkan hasil lar 12 menik dengan jarak yang ditempuh sejauh 2.600 meter namun belum dapat terwujud.

Berbeda halnya dengan kehidupan pendidik AKPOL sekarang, yang mana dalam kunjungan kerjanya selaku Sekretaris Kompolnas RI ke AKPOL, dirinya menemukan hasil lari yang begitu luar biasa dilakukan 8 Taruna AKPOL yang mampu berlari dengan jarak tempuh diatas 3.200 meter.

Panitia Pusat Seleksi Calon Taruna AKPOL T.A 2020

Selain itu temuan menakjubkan, juga dilihat oleh diirnya sewaktu mengawasi ujian undang-undang lalu lintas yang di ikuti oleh Taruna dan Taruni AKPOL dengan limit waktu 90 menit, namun ada Taruna yang mampu menyelesaikan soal tersebut dari 90 menit menjadi 15 menit.

“Semua yang saya lihat saat berkunjung ke AKPOL, semuanya menjadi contoh dari kerja keras dari panitia seleksi pusat Catar AKPOL. Ingat bahwa 30 tahun kemudian, para Catar AKPOL yang diseleksi mereka adalah calon-calon Kapolri yang akan datang,”himbau Sekretaris Kompolnas RI. (FER)