Home / Berita Polri / Sekolah Gratis dari Polisi Berhati Malaikat di Kabupaten Lahat

Sekolah Gratis dari Polisi Berhati Malaikat di Kabupaten Lahat

Palembang – Polisi berhati malaikat sepertinya patut disandangkan kepada Brigadir Nasrullah. Pria 30 tahun itu meluangkan waktunya untuk membuka sekolah gratis nonformal bagi anak-anak kurang mampu di Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan (Sumsel).

Sejak satu tahun terakhir, Brigadir Nasrullah membangun perpustakaan desa dan Bimbingan Belajar (Bimbel) gratis di Desa Tanjung Agung, Kecamatan Suka Merindu, Kabupaten Lahat.

Salah satu alasan membangun pusat belajar gratis di desanya, karena melihat para siswa Sekolah Dasar (SD) masih belum mampu membaca dan menulis dengan baik.

Keprihatinannya itu mendorongnya rela merogoh uang pribadi demi menyediakan fasilitas sekolah gratis bagi anak-anak di desanya.

Brigadir Nasrullah mengatakan, tingkat perekonomian yang rendah di desanya turut mempengaruhi minimnya perhatian orangtua terhadap pendidikan anak-anaknya.

Banyak warga berprofesi sebagai petani, sehingga pendidikan anak-anaknya hanya terfokus di sekolah saja. Karena itu, ia bertekad untuk meningkatkan pengetahuan anak-anak disini tentang pendidikan dasar.

“Banyak siswa SD yang sudah duduk di kelas 2 dan 3 , masih belum bisa baca tulis,” ujarnya kepada Liputan6.com, Selasa, 5 Desember 2017.

Agar bisa menarik minat anak-anak sekitar, Babinkamtibmas Polsek Pajar Bulan ini membuat suasana pembelajaran menjadi lebih santai dan tidak tegang.

Saat ini, sudah ada sekitar 60 orang anak didiknya dari berbagai usia. Bimbel gratisnya dimulai dari hari Senin hingga Kamis di pada pukul 12.30 WIB hingga 14.30 WIB.

Karena ruangannya hanya selebar 5×6 meter, Brigadir Nasrullah harus membagi dua waktu mengajar untuk tiap tingkatan kelas agar bisa memaksimalkan kegiatan sekolah gratisnya.

Jadwal Sekolah Gratis
Seperti hari Senin, dari pukul 12.30 WIB hingga pukul 13.30 WIB, dirinya mengajar siswa kelas 3 SD. Di jam selanjutnya, Brigadir Nasrullah menjadi mentor untuk siswa kelas 4.

Selama empat hari, ia membagi waktu untuk mengajar siswa dari kelas 3 SD hingga kelas 6 SD. “Saya juga dibantu kepala desa, warga sekitar dan mahasiswa yang sering menyumbang buku pelajaran dan kebutuhan lainnya,” katanya.

Jika dirinya tidak mengerti salah satu pelajaran yang akan dibahasnya, pria satu anak ini tak segan menanyakannya ke beberapa guru SD di dekat rumahnya.

Kendati harus berbagai waktu dengan pekerjaannya, Brigadir Nasrullah malah menikmati hari-harinya dengan ikhlas. Tak jarang, dirinya harus mengeluarkan uang pribadi untuk menunjang proses belajar mengajar di Bimbelnya.

Para siswanya pun ikut bersemangat mengikuti Bimbel gratis ini. Bahkan, banyak muridnya yang rela berjalan kaki sejauh 1 kilometer, hanya untuk hadir dalam bimbel ini.

Berkat jerih payahnya, banyak anak didiknya bisa meningkatkan prestasi di sekolahnya. Aksi sosialnya akhirnya didukung oleh Kapolsek Pajar Bulan, Kabupaten Lahat, Sumsel.

Dalam waktu dekat, mereka akan membuka perpustakaan dan bimbel gratis di salah satu asrama Polsek Pajar Bulan.

“Untuk saat ini, mereka masih membutuhkan donasi buku-buku bacaan penunjang lainnya, seperti buku cerita dan komik,” ujarnya.

Atas pengabdiannya, Brigadir Nasrullah mendapatkan penghargaan dari Kapolres Lahat, AKBP Roby Karya Adi. Brigadir Nasrullah masuk nominasi polisi yang kreatif dan berdedikasi tinggi terhadap pelayanan masyarakat.

“Mungkin penghargaan tidak sebatas di Kapolres saja. Nanti kita akan mengusulkan sampai ke tingkat lebih tinggi seperti Kapolda dan selanjutnya,” ujar Kasat Binmas Polres Lahat AKP Imanuhadi.

[Nefri IngeNefri Inge – liputan6.com – 06 Des 2017, 05:01 WIB] http://regional.liputan6.com/read/3185753/sekolah-gratis-dari-polisi-berhati-malaikat-di-kabupaten-lahat