Home / Berita Kompolnas / Ribuan Polisi Diadukan ke Kompolnas, cuma Segini yang Terbukti Salah

Ribuan Polisi Diadukan ke Kompolnas, cuma Segini yang Terbukti Salah

REDAKSI – Kamis, 9 Januari 2020 | 07:15 WIB

Andrea Poeloengan

POJOKSATU.id, JAKARTA – Ribuan anggota Polri diadukan ke Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas). Sebagian besar dari aduan tersebut terkait dengan keluhan fungsi reserse.

Anggota Kompolnas, Andre Pulungan mengatakan sepanjang 2019, Kompolnas menerima 2.159 pengaduan dari masyarakat.

Angka tersebut turun dibandingkan tahun sebelumnya. Pada 2017, Kompolnas menerima 3.211 aduan, sedangkan pada 2018 menerima 3.098 aduan.

VIDEO: Greget Saat Lihat Kapal Cina Bertingkah di Laut Indonesia
VIDEO: Asal usul Perebutan Natuna yang Membara

Scara geografis, satuan wilayah yang paling banyak dilaporkan pada 2019 yaitu Polda Metro Jaya, Polda Jawa Timur, Polda Sumatera Utara, Polda Jawa Barat, dan Polda Jawa Tengah.

“Dari 2.159 pengaduan yang masuk kepada Kompolnas, terhitung per 27 Desember 2019, khusus Jabar ada 151 pengaduan. Jabar menduduki urutan ke 4 dari 35 Satker (Mabes dan Polda),” kata Andre.

Menurut Andre, 94 persen dari seluruh keluhan yang diterima Kompolnas mengeluhkan tentang fungsi Reserse.

“Setelah diklarifikasi oleh Kompolnas, rata rata yang dapat dibuktikan ada kesalahan oleh penyidik dalam proses penanganan perkara sekitar 5-6 persen,” kata Andre, Rabu (8/1/2020).

Andre menambahkan, ada tiga cara yang dilakukan Kompolnas untuk menindaklanjuti setiap pengaduan dari masyarakat.

Pertama, bersurat ke Irwasda. Kedua, melakukan klarifikasi dengan mendatangi Polda dan difasilitasi oleh Itwasda. Ketiga, melakukan supervisi untuk mengetahui progres dari klarifikasi yang telah dilakukan.

(one/pojoksatu)



Sumber: Pojoksatu.id

Link sumber: https://pojoksatu.id/news/berita-nasional/2020/01/09/ribuan-polisi-diadukan-ke-kompolnas-cuma-segini-yang-terbukti-salah/