Home / Berita Kompolnas / Resepsi Pernikahan Mantan Kapolsek Kembangan Ternyata Dihadiri Wakapolri, Begini Pendapat Kompolnas

Resepsi Pernikahan Mantan Kapolsek Kembangan Ternyata Dihadiri Wakapolri, Begini Pendapat Kompolnas

Heboh Pencopotan jabatan Kapolsek Kembangan Kompol Fahrul Sudiana karena menggelar resepsi saat terjadi wabah virus corona.

Ternyata resepsi tersebut dihadiri Wakapolri Komjen Pol Gatot Eddy Pramono .

Mantan Kapolda Metro Jaya itu menjadi salah satu tamu undangan yang menghadiri pesta pernikahan Kapolsek Kembangan, Kompol Fahrul Sudiana dengan selebgram Rica Andriani.

Komisioner Kompolnas, Andrea Poeloengan, menyayangkan kehadiran Wakapolri Gatot Eddy di tengah pesta pernikahan tersebut.

Menurutnya, bekas Kapolda Metro Jaya itu seharusnya juga mendapat sanksi disiplin.

“Tidak hanya Kapolsek saja yang kena sanksi kode etik atau disiplin, tetapi seluruh anggota atau pejabat Polri yang hadir wajib diperiksa Propam,” kata Andrea seperti dikutip KompasTV pada Jumat, 3 April 2020.

Andrea mengungkapkan alasan mereka wajib diperiksa terkait kode etik dan disiplin oleh Propam karena telah melanggar perintah Kapolri Jenderal Pol Idham Azis.

Lewat maklumat Kapolri, dia menilai, perintah tersebut bukanlah sembarangan karena merupakan perpanjangan perintah dari Presiden Joko Widodo.

Seperti diketahui,  pemerintah menerapkan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk mencegah penyebaran virus corona atau Covid-19.

Karenanya, perintah tersebut harus dilaksanakan oleh setiap anggota Polri. 

Seperti diberitakan sebelumnya, Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sudjana akhirnya resmi mencopot Kompol Fahrul Sudiana dari jabatannya sebagai Kapolsek Kembangan, Kamis (2/4/2020) hari ini.

Kompol Fahrul Sudiana dimutasi ke bagian analis kebijakan di Polda Metro Jaya.

Pencopotan Kompol Fahrul dari jabatan Kapolsek Kembangan karena ia menggelar pesta pernikahannya di Hotel Mulia, Jakarta Pusat pada 21 Maret 2020. 

Kompol Fahrul dianggap.telah melanggar Maklumat Kapolri Nomor Mak/2/III/2020 tentang Kepatuhan terhadap Kebijakan Pemerintah dalam Penanganan Penyebaran Virus Corona 
(Covid-19), tertanggal 19 Maret 2020.

Hal itu dikatakan Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus, kepada Warta Kota, Kamis.
“Atas perintah Kapolda Metro Jaya, maka sejak hari ini yang bersangkutan dimutasikan ke Polda Metro Jaya, sebagai analis Kebijakan,” kata Yusri.

Menurut Yusri, keputusan mutasi setelah hasil pemeriksaan awal oleh Propam Polda Metro Jaya, dipastikan Kompol Fahrul Sudiana telah melanggar disiplin dan Maklumat Kapolri.

“Hasil pemeriksaan awal Propam Polda Metro Jaya, yang bersangkutan telah melanggar disiplin dan Maklumat Kapolri dalam rangka menghadapi penyebaran Covid-19. Dimana di maklumat disebutkan agar tidak ada kegiatan masyarakat yang sifatnya mengundang massa,” kata Yusri.

Yusri mengatakan Maklumat Kapolri tidak hanya berlaku untuk masyarakat saja, tapi juga berlaku untuk semua anggota Polri dan keluarganya. 

“Jadi, kalau ada yang tidak mentaati apalagi melanggar maka harus siap dengan segala konsekuensinya. Dalam hal ini yang bersangkutan dimutasi sebagai konsekuensinya,” papar Yusri.

Sosok Fahrul Sudiana

Fahrul Sudiana adalah perwira menengah (pamen) lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) 2006 dari Batalyon Setia.

Sejatinya, karier Fahrul Sudiana ini terbilang moncer, seperti yang dilansir tribunnews.com.

Sebab, biasanya perwira yang duduk di Polsek Kembangan, Jakarta Barat itu adalah pamen berpangkat Komisaris Polisi (Kompol).

Kapolsek Kembangan Kompol Fahrul Sudiana dan istrinya Rica Andriani
Kapolsek Kembangan Kompol Fahrul Sudiana dan istrinya Rica Andriani (Instagram @ricafahrulstry_)

Namun, Fahrul pada tahun lalu (2019) dengan pangkat Ajun Komisaris Polisi (AKP) sudah dipromosikan menjadi Kapolsek Kembangan.

Bahkan, tak sampai setahun, pangkat Fahrul saat itu langsung naik menjadi Kompol.

Sebelum menjadi Kapolsek Kembangan, Fahrul Sudiana bertugas sebagai Kanit (Kepala Unit) 1 Operasional Sub Bidang Pengamanan Internal (Opsnal Subbid Paminal) Propam Polda Metro Jaya.

Diketahui pula, selain dinas di kepolisian, Fahrul Sudiana juga memiliki rekam jejak akademis yang baik.

 Setelah meraih gelar strata satu (S1) dari Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian, Fahrul melanjutkan studi Pascasarjana di Universitas Indonesia (UI) pada Magister Kajian Ilmu Kepolisian.

Di dunia hiburan, Fahrul pun dikenal sebagai sosok yang tak dianggap asing.

Namanya beberapa kali diberitakan di dunia entertainmen tanah air lantaran ia dikabarkan pernah menjalin asmara dengan artis cantik Angel Lelga.

Namun dalam perjalanannya hubungan asmara itu kandas dan Fahrul pun akhirnya menikahi selebgram Rica Andriani pada 21 Maret 2020.

Usai menyelenggarakan resepsi pernikahannya itulah, Fahrul dicopot dari jabatannya sebagai Kapolsek Kembangan di Jakarta Barat. (KompasTV/Wartakotalive.com)

Penulis: Wito Karyono
Editor: Wito Karyono