Home / Berita Polri / Polri Intensif Berantas Penyelundupan Pangan Impor

Polri Intensif Berantas Penyelundupan Pangan Impor

 

Menteri Perdagangan RI, Enggartiasto Lukita (Foto: Inilahcom)
Menteri Perdagangan RI, Enggartiasto Lukita (Foto: Inilahcom)

Jakarta – Kementerian Perdagangan RI mendukung Bareskrim Polri mengusut tuntas dugaan penyelundupan bahan pangan impor bawang bombai asal India di Belawan Sumatra Utara. Selain itu, akan kerja sama berantas impor bahan pangan ilegal.

Menteri Perdagangan RI, Enggartiasto Lukita mengapresiasi langkah Bareskrim memberantas praktik penyelundupan bahan pangan impor di Indonesia. Menurut dia, dugaan pidana terhadap impor bahan pangan ilegal harus diusut tuntas.

“Yang pasti kita akan terus meningkatkan kerja sama dengan Polri, kalau kita temukan penyelundupan kita pastikan langsung laporkan ke Bareskrim,” kata Enggartiasto, Senin (2/7/2018).

Ia mengku sudah memberikan sanksi administrasi tegas terhadap perusahaan yang terlibat penyelundupan bahan pangan ilegal ke Indonesia, kemudian tidak diperbolehkan impor selama dua bulan dan pencabutan serta pembekuan izin dan Angka Pengenal Importir Produsen (API-P).

Kalau sudah menjadi temuan Bareskrim, kita pastikan tahap awal dicabut izin impor, dibekukan dan dicabut API-P nya, bahkan sanksi kepada individu, ujarnya.

Sedangkan Komisioner Kompolnas RI, Poengky Indarti juga mendukung Polri dalam menuntaskan kasus dugaan penyelundupan bawang bombai sampai tuntas termasuk keterlibatan oknum pegawai Balai Karantina.

“Pemerintah harus melindungi petani bawang merah di Tanah Air, terlebih telah ada regulasinya antara lain Keputusan Menteri Pertanian dan Peraturan Menteri Perdagangan yang melarang impor bawang bombai mini,” tandasnya.

Petugas gabungan Baresrim Polri dan PPNS Direktorat Pengawasan Barang Beredar dan Jasa Kemendag RI telah menggagalkan penyelundupan 670 ton bawang bombay mini asal India yang diduga ilegal di Gudang Hamparan Perak Medan

Wakil Direktur Tindak Pidana Ekonomi Khusus Bareskrim Polri Kombes Daniel Tahi Monang Silitonga memastikan akan menyelidiki dugaan oknum apatur pemerintah Balai Besar Karantina Pertanian Belawan Kementerian Pertanian yang berpotensi terlibat penyelundupan bawang bombai. [ton]

 

Sumber: inilah.com – Senin, 02 Juli 2018 | 23:11 WIB

Link: https://m.inilah.com/news/detail/2465500/polri-intensif-berantas-penyelundupan-pangan-impor