Home / Berita Kompolnas / Polri dan Kompolnas Tingkatkan Sinergitas Pengawasan

Polri dan Kompolnas Tingkatkan Sinergitas Pengawasan

Bogor – Guna meningkatkan penanganan keluhan masyarakat, meningkatkan kualitas pelayanan publik, serta pengawasan, Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) dan Polri menggelar pelatihan peningkatan sinergitas. Pelatihan digelar di Hotel Royal, Kota Bogor, Selasa (26/9/2017).

Pelatihan ini diikuti pula oleh jajaran Inspektorat Pengawasan Daerah (Itwasda) dan Inspektorat Pengawasan (Itwasum), Bidang Profesi dan Pengamanan (Bid Propam), serta Divisi Profesi dan Pengamanan (Div Propam) serta perwakilan dari Bareskrim.

Komisioner Kompolnas, Andrea Hynan Poeloengan, mengatakan, melalui pelatihan ini bertujuan agar terjadi sinergi dalam pengawasan sehingga pengawasan tidak terjadi tumpang tindih. Antara satu dengan yang lain saling mengenal, menjalin komunikasi, dan pengawasan ini bisa menjadi pencegahan terhadap pelanggaran atau peningkatan kualitas pelayanan dalam tugas kepolisian sehari-hari.

Sejauh ini, kata Andrea, kinerja kepolisian secara parsial sudah bagus, hanya ketika satu sama lain bekerja dengan sendiri-sendiri maka hasilnya kurang optimal. Oleh karena itu, kegiatan ini untuk mewujudkan kerja sama antara satu dengan lainnya. “Memang selama ini tugas terpisah masing-masing. Tapi hal terpisah ini bisa menjadi lebih seandainya digabung,” tandasnya.

Dijelaskannya, selama dua hari peserta diberikan pemaparan materi tentang sinergitas Kompolnas dan Polri. Kemudian tata cara penanganan keluhan masyarakat yang lebih humanis, serta peningkatan kesamaan semangat dan kesamaan persepsi dalam penanganan keluhan masyarakat.

“Untuk narasumber dari Kompolnas dan ada juga dari motivator untuk mengajak mereka berpikir lebih rasional lagi,” pungkasnya. (dns)

http://hallobogor.com/polri-dan-kompolnas-tingkatkan-sinergitas-pengawasan