Home / Berita Polri / Polisi Temukan Gudang Miras Ilegal yang Sudah Beroperasi 15 Tahun

Polisi Temukan Gudang Miras Ilegal yang Sudah Beroperasi 15 Tahun

Batam – Bareskrim Polri menemukan empat gudang minum keras selundupan dari luar negeri di Batam, Kepulauan Riau. BH alias KWK, penyelundup minuman beralkohol tersebut, mengaku sudah beroperasi selama bertahun-tahun.

“Berdasarkan pengakuan, tersangka telah melakukan aktivitas ilegal ini selama 15 tahun,” kata Direktur Tindak Pidana Khusus Bareskrim Polri, Brigjen Agung Setya, melalui keterangan tertulis yang diterima kumparan (kumparan.com), Senin (25/9).

Agung menjelaskan, penyelundupan ini terungkap setelah polisi menangkap BH, Kamis (21/9). Dia diketahui membawa sejumlah minuman beralkohol tanpa dukumen atau izin untuk mengedarkan.

Dari penangkapan tersebut, polisi curiga BH merupakan penyelundup minuman keras. Kemudian, dia pun diminta menunjukkan tempat penyimpanan barang selundupannya.

Berdasarkan keterangan dari BH, polisi menemukan empat gudang penyimpanan yang berada di Kepulauan Riau. “Di Pulau Buru, Tanjung Balai Karimun dan Batam,” kata Agung Setya.

Dalam keempat gudang minuman keras ilegal itu, ditemukan 84 ribu botol berbagai merek.
Belakangan diketahui, sejumlah barang selundupan itu berasal dari Singapura dan Malaysia. BH membawanya secara ilegal ke Indonesia dengan kapal tongkang miliknya.

Agung menyebutkan, perbuatan BH telah merugikan negara karena mengurangi pendapatan dari cukai. Penyelundup yang kini berada di Rutan Bareskrim, terancam dijerat pasal berlapis. Mulai dari Undang-undang Pangan, Undang-undang Perlindungan Konsumen, hingga pasal 204 KUHP karena menjual barang berbahaya tanpa izin. BH terancam hukuman paling lama 15 tahun penjara.

Selain BH, polisi menduga ada orang lain yang terlibat dalam bisnis penyelundupan minuman keras ini. “Penyidik terus melakukan pengembangan terhadap tempat lain yang diduga sebagai tempat distribusi miras ilegal,” ujar Agung Setya.

[kumparan.com/Senin 25 September 2017 – 06:21] https://kumparan.com/teuku-muhammad-valdy-arief/polisi-temukan-gudang-miras-ilegal-yang-sudah-beroperasi-15-tahun