Home / Berita Polri / Polisi: Pabrik Sabu di Kebon Jeruk Milik Karyawan Lab Diskotek MG

Polisi: Pabrik Sabu di Kebon Jeruk Milik Karyawan Lab Diskotek MG

Jakarta – Polisi telah mengetahui pemilik home industry sabu di kompleks Green Garden RT 004 RW 008 Kelurahan Kedoya, Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Pabrik tersebut ternyata milik Wastam (43), karyawan laboratorium sabu liquid di Diskotek MG Club International, yang sebelumnya ditangkap Badan Narkotika Nasional (BNN).

“Kemarin kan kami telah memeriksa istri dan anak dari pemilik home industry tersebut, ternyata itu milik Wastam, tersangka yang sudah ditangkap BNN dalam kaitan lab di Diskotek MG,” ujar Kasat Reserse Narkoba Polres Metro Jakarta Barat AKBP Suhermanto saat dihubungi detikcom, Kamis (21/12/2017).

Terkait hal itu, penyidik Satres Narkoba Polres Metro Jakarta Barat berkoordinasi dengan BNN. BNN membawa tersangka ke lokasi siang tadi untuk melakukan olah TKP.

“Tadi Wastam dibawa ke TKP dan dia mengakui bahwa home industry ini memang miliknya,” sambung Suhermanto.

Polres Metro Jakarta Barat selanjutnya melimpahkan kasus tersebut ke BNN. “Ya karena tersangkanya sudah ditangkap oleh BNN, maka kami berkoordinasi dan melimpahkan kasusnya beserta barang buktinya ke BNN,” jelas Suhermanto.

Home industry tersebut sebelumnya digerebek Satres Narkoba Polres Metro Jakarta Barat pada Rabu (20/12) kemarin. Di lokasi tersebut, polisi menyita 30 kilogram prekusor (bahan pembuat sabu), puluhan botol cairan kimia, dan sejumlah peralatan untuk memproduksi sabu.

“Diduga memproduksi sabu cair juga,” ungkap Suhermanto.

Wastam sendiri telah ditangkap oleh tim BNN pada Minggu (17/12) dini hari lalu terkait dengan temuan laboratorium sabu cair di Diskotek MG Club International di Jakarta Barat. Selain Wastam, penyidik BNN menangkap tersangka Ferdiansyah (23), Dedi Wahyudi (40), Mislah (45), dan Fadly (40).

Adapun pemilik Diskotek MG, Rudy, saat ini masih jadi buron. Sedangkan koordinator lab, Samsul Anwar alias Awang, telah menyerahkan diri ke BNN pada Rabu (20/12) sore kemarin.
(mei/idh)
[Mei Amelia R – detikNews – Kamis 21 Desember 2017, 17:49 WIB] https://news.detik.com/berita/d-3780435/polisi-pabrik-sabu-di-kebon-jeruk-milik-karyawan-lab-diskotek-mg