Home / Berita Polri / Polda Maluku Siap Bersinergi Bersama Bawaslu Maluku, Backup Pengamanan Pilkada Di 4 Kabupaten

Polda Maluku Siap Bersinergi Bersama Bawaslu Maluku, Backup Pengamanan Pilkada Di 4 Kabupaten

Kompolnas.go.id,Maluku- Kepolisian Daerah Maluku, siap bersinergi dengan Badan Pengawas Pemilu Provinsi Maluku, pada perhelatan Pemilihan Kepala Daerah (PILKADA) di 4 Kabupaten di Provinsi Maluku yang akan berlangsung pada bulan Desember 2020.

Ungkapan dukungan tersebut, disampaikan Kapolda Maluku, Irjen Pol Drs Baharudin Djafar, yang didampingi Direktur Inteklan dan Karo Ops Polda Maluku, saat menerima kunjungan silatuhrami Ketua Bawslu bersama jajaran ke Mapolda Maluku, Jumat (3/7/2020).

“ Selaku Kapolda Maluku, saya menyambut baik silahturahmi ini, karena tanpa sinergitas, tentunya setiap kegiatan dan proses Pilkada 2020 tidak akan berjalan dengan baik atau sesuai rencana. Berkaitan dengan setiap perencanaan pentahapan Pilkada harus direncanakan dengan baik dan betul-betul. Pelaksanaan sidang harus selesai, administrasi harus betul, harus ada bukti-bukti setiap notulen dan setiap tahapan harus kita tau agar kecil pelanggarannya,”pesan Kapolda.

Dikesempat tersebut, dihadapan Kapolda Maluku, Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Maluku Abdullah Ely, menyampaikan untuk proses tahapan Pemilihan Kepala Daerah (PILKADA) yang akan berlangsung di 4 Kabupaten di Provinsi Maluku tahun 2020, terkait pengamanannya meminta Polda Maluku dan Stakeholder, yang ada untuk memberi petunjuk pelaksanaan pengamanan pada tahapan Pilkada nanti.

“Bahwa pada saat pelaksanaan Pilkada tetap mematuhi Protokol kesehatan dan terkait APD (Alat Pelindung diri) sudah  di bicarakan dengan pemerintah daerah dan sudah direalisasikan sementara masker dan handhanitazer,” ujar Abdullah Ely.

Diakhir kesempatannya, Kapolda berpesan kepada Bawaslu Provinsi Maluku agar membuat surat edaran terkhusus di 4 kabupaten yang akan menggelar Pilkada di tahun 2020. Dengan harapan pilkada di tahun 2020 ini berjalan dengan baik dan lancar.

“Sebaiknya Bawaslu buat surat edaran ke 4 Kabupaten yang laksanakan Pilkada terkait teknisnya, jika nanti tidak sesuai ada Gakumdu yang akan memperingatinya sehingga pelaksanaan pilkada dapat berjalan dengan baik dan lancar tanpa ada gangguan kamtibmas nantinya,”jelas Kapolda Maluku. (FER)