Home / Berita Kompolnas / Peran Polwan Tingkatkan Kinerja Polri

Peran Polwan Tingkatkan Kinerja Polri

Jakarta – Peningkatan peran Polisi Wanita (Polwan) terus mempunyai tantangan yang sangat berarti sebagai perwujudan kinerja Polri ke depan dalam kiprahnya di tingkat Internasional. Polwan di era teknologi saat ini mempunyai tantangan yang semakin dibutuhkan dalam kerjanya di tubuh Polri.

Kompolnas mengkaji instusi Polri dalam seminar kali ini di Jakarta (25/9) bahwa Polisi Wanita mempunyai peranan penting dalam memajukan gender di tubuh kepolisian.

Brigend Pol Purn Rumiah, yang juga Mantan Polda Banten, mengungkapkan tugas Polwan saat itu kebanyakan berperan dalam tugas laki-laki. Salah satunya adalah saat Tokoh teroris Imam Samodra mencoba membuat Banten berdarah-darah. Ancaman mengerikan itu harus dihadapi oleh Rumiah. Dia-pun ketika itu terus berkordinasi dengan tokoh-tokoh agama yang bisa menyamar sebagai intel.

Rumiah tampak semangat memberikan motivasi kepada Polwan-Polwan muda atau yang sudah menduduki tingkat Kapolres.

Sementara, Brigjen Pol Dra. Sri Handayani MH menuturkan, Polisi Wanita yang digerakan selama ini, selalu siap dalam tantangan ke depan. Pada saat beliau menjabat Kapolres Karanganyar, Jawa Tengah, tugas yang di berikan pimpinan diikuti dengan semestinya.

“Tentunya kita perlu termotivasi dengan kerja yang sehat atau dengan tidak sehat yang hanya menjatuhkan kinerja Polwan,” Ujar Brigjend Sri Handayani. Menurut dia, Polwan adalah elemen penting dalam Kepolisian, dalam menjaga gender di tubuh perempuan. Secara gender keterlibatan Polwan mempunyai kekuatan tersendiri di tubuh Polri.

(Sonny/Berita360.com/25 September 2017)
http://berita360.com/peran-polwan-tingkatkan-kinerja-polri/