Home / Berita Kompolnas / Penyidik Polda Jabar Dituding Rekayasa Kasus, Ini Kata Kompolnas

Penyidik Polda Jabar Dituding Rekayasa Kasus, Ini Kata Kompolnas

REDAKSI – Rabu, 8 Januari 2020 | 22:07 WIB

Andre Pulungan

POJOKSATU.id, JAKARTA – Sebanyak lima anggota Polda Jawa Barat dilaporkan ke Propam Mabes Polri karena diduga melakukan rekayasa kasus.

Anggota Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas), Andre Pulungan yang dihubungi Pojoksatu.id mengaku belum mengetahui laporan tersebut.

“Saya belum tahu, saya harus tanya dulu, dan kebetulan saya belum pernah mengklarifikasi wilayah Jawa Barat untuk saran, keluhan masyarakat di tahun 2019 karena bukan bagian dari penugasan saya,” kata Andre, Rabu (8/1/2020).VIDEO: Greget Saat Lihat Kapal Cina Bertingkah di Laut Indonesia
VIDEO: Asal usul Perebutan Natuna yang Membara

Meski begitu, kata Andre, masyarakat memiliki hak untuk melaporkan anggota kepolisian ke Propam.

“Melaporkan itu hak, tetapi sebelum ke Propam, karena terkait proses penyidikan, maka idealnya melapor ke Wasidik setempat,” tambah Andre.

Menurut Andre, kalau proses penyidikan dianggap janggal seharusnya dilakukan praperadilan. Itupun sesudah mendapat tanggapan dari Wasidik setempat, baik hasil klarifikasi ataupun hasil gelar perkara.

“Kalau seandainya ada dugaan perilaku penyidik yang nakal, misalnya melakukan pemerasan, mengumpat, dan lain-lain, bisa langsung ke Propam,” imbuhnya.

Terkait keengganan Polda Jabar mengomentari pelaporan anak buahnya ke Propam Mabes Polri, Andre menyebut kemungkinkan karena belum tahu. Atau karena masih kewenangan penyidikan yang dibatasi oleh UU Keterbukaan Informasi.

Andre menyarankan agar penyidik maupun pelapor tetap bekerja secara proporsional dan profesional.

Sepanjang tahun 2019, Kompolnas telah menerima 2.159 pengaduan dari masyarakat.

“Khusus Jabar ada 151 pengaduan. Jabar menduduki urutan ke 4 dari 35 Satker (Mabes dan Polda), 94 persen dari seluruh keluhan yang diterima Kompolnas mengeluhkan tentang fungsi Reserse,” katanya.

BACA: 5 Anggota Polda Jabar Dilaporkan ke Propam, Diduga Rekayasa Kasus

Sebelumnya, lima anggota Polda Jawa Barat (Jabar) dilaporkan ke Propam Mabes Polri karena diduga melakukan rekayasa kasus.

Kelima anggota Polri itu yakni mantan Dirreskrimum Polda Jabar Kombes SA, mantan Wadirreskrimum Polda Jabar AKBP MA, Kasubid Harda Reskrimum Polda Jabar AKBP, Kanit 5 Subidit 2 Reskrimum Polda Jabar HI Kompol YA, dan penyidik Subdit 2 Reskrimum Polda Jabar, Brigadir ANG.

Pengaduan tersebut diterima Propam Mabes Polri dengan tanda terima nomor: 10/ANDIS/L/LP/I/2020, tanggal 6 Januari 2020.

Penyidik Polda Jabar dilaporkan ke Propam atas dugaan melakukan rekayasa kasus terkait sengketa tanah di Cigudeg, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. []

(one/pojoksatu)

Sumber: Pojoksatu.id

Link sumber: https://pojoksatu.id/news/berita-nasional/2020/01/08/penyidik-polda-jabar-dituding-rekayasa-kasus-ini-kata-kompolnas/