Home / Berita Polri / Panwaslu: Kinerja Polres Malra Patahkan Predikat IKP Kota Tual

Panwaslu: Kinerja Polres Malra Patahkan Predikat IKP Kota Tual

Wakapolda Maluku Brigjen Pol Akhmad Wiyagus didampingi Kapolres Malra AKBP Indra Fadilah Siregar saat berkunjung ke Kantor Panwaslu Kota Tual, Selasa (26/6/2018) sehari sebelum Pilkada Kota Tual digelar. FOTO : DOK : (TERASMALUKU.COM)
Wakapolda Maluku Brigjen Pol Akhmad Wiyagus didampingi Kapolres Malra AKBP Indra Fadilah Siregar saat berkunjung ke Kantor Panwaslu Kota Tual, Selasa (26/6/2018) sehari sebelum Pilkada Kota Tual digelar. FOTO : DOK : (TERASMALUKU.COM)

Maluku Tenggara – Kesuksesan Pilkada di Kota Tual mendapat apresiasi dari berbagai pihak. Apresiasi datang dari Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Tual kepada Polres Maluku Tenggara (Malra) dan TNI yang memberikan pengamanan maksimal sehingga Indeks Kerawanan Pilkada (IKP) untuk Kota Tual terbantahkan.

Ketua Panwaslu Kota Tual Taher Yamco mengakui kinerja positif yang ditunjukan aparat pengamanan sehingga Pilkada di Tual berjalan aman dan kondusif. Menurut Taher, Pilkada Kota Tual dapat berjalan aman tanpa gangguan keamanan akibat  upaya dan koordinasi yang dilakukan Polres Malra yang bersinergi dengan TNI dalam memberikan pengamanan maksimal terhadap pelaksaanaan Pilkada. Sebelumnya Bawaslu RI dan Kompolnas menyebutkan Pilkada Kota Tual 27 Juni 2018 paling rawan.

“Kami merasakan sungguh upaya-upaya yang dilakukan Polres Malra dibawah kepemimpinan Kapolres AKBP Indra Fadilla Siregar, hal itu terbukti bahwa indeks kerawanan Pilkada  berbanding terbalik dengan yang terjadi. Justru Kota Tual menjadi daerah paling kondusif dalam pelaksanaan Pilkada,”kata Taher Yamco kepada wartawan, Minggu (1/7/2018).

Taher Yamco mengatakan,  antisipasi  pengamanan Pilkada Kota Tual telah dilakukan sebelum IKP  dikeluarkan Bawaslu dan  Kompolnas. Menurutnya, Polres Malra bersama TNI, intens mengadakan koordinasi baik dengan pihak penyelenggara, tokoh agama, tokoh adat dan tokoh pemuda terkait skema pengamanan Pilkada.  Bahkan memberi sosialisasi dan himbauan langsung lewat tatap muka dengan masyarakat.

Sinergitas yang dibangun Polres Malra, dengan berbagai pihak membuahkan hasil, IKP di Kota Tual dapat terurai, tidak terbukti. “Pertemuan- pertemuan dalam hal pengamanan Pilkada sering dilaksanakan oleh pihak Polres dengan melibatkan berbagai pihak. Keseriusan terlihat dengan hadirnya pak Kapolres, disetiap, proses tahapan, bahkan meninjau langsung anggota di lapangan serta kesiapan penyelenggara di berbagai kesempatan dan tanpa mengenal waktu. Ini yang patut kita apresiasi,”katanya. Taher Yamco berharap kondisi keamanan yang kondusif dapat dipertahankan hingga berakhirnya  Pilkada Kota Tual. (AS)

 

Sumber: terasmaluku.com – 02 Juli 2018

Link: https://terasmaluku.com/panwaslu-kinerja-polres-malra-patahkan-predikat-ikp-kota-tual/