Home / Berita Kompolnas / Menko Polhukam-Kompolnas Bahas Terobosan Kinerja Polri

Menko Polhukam-Kompolnas Bahas Terobosan Kinerja Polri

Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto bertemu dengan Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) untuk membahas mengenai terobosan kinerja Polri, salah satunya dalam menghadapi pilkada dan pemilu mendatang.

“Intinya, kita berbincang bagaimana membangun terobosan terbaik untuk lebih memaksimalkan kinerja aparat kepolisian, tatkala negeri kita sedang membangun, bersaing, dan menghadapi pemilu atau pilkada ke depan yang sangat kompleks,” ujar Wiranto di Kantor Kompolnas, Jakarta, Jumat.

Ketua Kompolnas Unsur Perwakilan Pemerintah ini juga menjelaskan bahwa pertemuan tersebut juga menghasilkan beberapa kebijakan yang diklaim akan meningkatkan dan membangun kinerja Polri.

Namun, mantan Panglima TNI ini belum mau merinci kebijakan-kebijakan tersebut.

Ia hanya menerangkan bahwa sejumlah kebijakan itu ditujukan untuk menciptakan stabilitas keamanan dan kenyamanan bagi kehidupan masyarakat.

“Maka, sekarang peran Kompolnas sangat strategis dan penting, karena langsung bisa membuat kebijakan yang menyangkut bagaimana seharusnya aparat kepolisian dan kinerjanya menghadapi kondisi masyarakat yang terus berubah,” tambah dia kemudian.

Sementara itu, Sekretaris Kompolnas Unsur Pakar Kepolisian Irjen Pol Bekto Suprapto menerangkan kebijakan yang telah dirumuskan tersebut akan disampaikan terlebih dahulu kepada Presiden RI Joko Widodo, sebelum disosialisasikan kepada pihak kepolisian.

“Kami menyebutnya high impact low risk, jadi kebijakannya dampaknya besar dengan risiko yang kecil,” tutur dia.

“Yang jelas sudah dipikirkan bagaimana polisi bekerja itu sesuai keinginan Kapolri, yakni profesional, modern, dan terpercaya. Jadi perlu lebih dekat lagi dengan masyarakat, lebih dapat dipercaya, tapi ini akan disampaikan setelah Presiden menerima,” jelas Bekto.

[Agita Tarigan/B Kunto Wibisono/antaranews.com/Jumat, 8 September 2017 17:47 WIB] http://www.antaranews.com/berita/651481/menko-polhukam-kompolnas-bahas-terobosan-kinerja-polri