Home / Berita Kompolnas / Marak penyelundupan narkoba lewat laut, Kompolnas usul perkuat Polair

Marak penyelundupan narkoba lewat laut, Kompolnas usul perkuat Polair

JAKARTA– Maraknya kasus penyelundupan narkoba melalui jalur laut menjadi catatan sendiri bagi Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas). Komisioner Kompolnas Andrea H Poeloengan berpendapat, fenomena tersebut seharusnya disikapi Polri dengan memperkuat polair dalam upaya pencegahan penyelundupan narkoba melalui jalur laut.

“Saya ingin itu diperkuat. Karena faktanya, ketika kami ke wilayah daerah pantai, polair kita enggak kuat dan angkatan laut kita juga tidak cukup,” kata Andrea dalam diskusi bertajuk darurat Narkoba di Jakarta, Sabtu (24/2/2018).

Menurut dia, sebagai negara maritim, Indonesia memiliki laut yang luas, serta berbagai pulau. Nah, kondisi geografis tersebut seharusnya menjadi perhatian khusus polri. Kompolnas merekomendasikan kepada polri untuk memperkuat sumber daya manusia (SDM), serta kualitas SDM seperti pengemudi kapal dan penyidik.

“Kapalnya juga harus ditambah sesuai dengan peruntukannya. Jadi jangan sampai daerah yang medan gelombangnya sangat besar tetapi kapalnya baru bisa jalan di sekitar pinggir pantai, jangan sampai seperti itu,” kata Andrea.

Kendati demikian, dia mengakui, untuk mencari sindikat bandar narkoba sangat sulit. Tetapi, kata dia, polri tidak boleh pesimis, minimal aparat keamanan bisa memagari agar Indonesia tidak menjadi market narkoba. “Artinya ketika ada orang mau jualan disikat, ada barang mau masuk disikat,” ujar dia.

Link Berita :

http://www.inews.id/news/read/marak-penyelundupan-narkoba-lewat-laut-kompolnas-usul-perkuat-polair?sub_slug=nasional#