Home / Berita Polri / Mabes Polri dan Kompolnas Selidiki Kasus Penembakan Warga Sipil di NTT

Mabes Polri dan Kompolnas Selidiki Kasus Penembakan Warga Sipil di NTT

 

 

 

Ilustrasi Penembakan. ©2015 Merdeka.com
Ilustrasi Penembakan. ©2015 Merdeka.com

Jakarta – Tim Mabes Polri bersama Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) melakukan penyelidikan gabungan terhadap kasus penembakan yang diduga dilakukan aparat keamanan terhadap Poro Duka, warga Kabupaten Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur.
“Tim dari Mabes Polri dan Kompolnas sudah diterjunkan ke lokasi kejadian untuk menyelidiki tewasnya warga sipil yang diduga dilakukan oleha aparat keamanan,” kata Kapolda NTT Irjen Pol Raja Erizman kepada wartawan di Kupang, Senin (7/5). Dikutip dari Antara.
Jenderal polisi bintang dua menyampaikan hal tersebut berkaitan dengan insiden penembakan terhadap warga sipil saat eksekusi lahan di Pantai Marosi, Desa Patiala Bawa, kecamatan Lamboya, Sumba Barat pada 25 April 2018.
“Kami akan tunggu hasil penyidikan yang dilakukan oleh kedua tim penyidik tersebut. Apapun hasilnya akan diterima,” kata Erizman.
Ia menegaskan pihaknya akan mengambil tindakan tegas terhadap anggota kepolisian jika terbukti melakukan penembakan sampai mengakibat seorang warga sipil Sumba Barat, Poro Duka meninggal dunia saat pengukuran ulang lahan oleh PT Marosi.
Akibat kasus tersebut, AKBP Gusti Maychandra Lesmana langsung dicopot dari jabatannya sebagai Kapolres Sumba Barat, guna menghindari terjadinya konflik kepentingan saat dilakukan pemeriksaan oleh tim penyidik dari Mabes Polri dan Kompolnas.
Kasus penembakan Poro Duka dalam beberapa hari ini cukup memanas, yang terlihat dari aksi unjuk rasa yang digelar oleh berbagai elemen mahasiswa asal Sumba di Kupang. [cob]

Sumber:

Senin, 7 Mei 2018 21:32Reporter : Ya’cob Billiocta
https://www.merdeka.com/peristiwa/mabes-polri-dan-kompolnas-selidiki-kasus-penembakan-warga-sipil-di-ntt.html