Home / Berita Kompolnas / Kompolnas: Tindak Tegas Perusuh dan Aktor Penggerak Demo UU Ciptaker

Kompolnas: Tindak Tegas Perusuh dan Aktor Penggerak Demo UU Ciptaker

Liputan6.com

14 Okt 2020, 01:35 WIB

Liputan6.com, Jakarta – Komisioner Kompolnas Pudji Hartanto turun ke lokasi demo penolakan UU Cipta Kerja yang berjalan di Patung Kuda, Monas, Jakarta Pusat, Selasa (13/10/2020).

Mulai dari perkuatan pengamanan, pengawasan serta pengendalian oleh pimpinan kesatuan di lapangan. Dalam pantauanya, kendaraan yang menuju monas dan istana dialihkan dengan penyekatan oleh anggota dan pagar pembatas. Tampak juga penempatan anggota pada objek fasum seperti halte bus Trans Jakarta sepanjang jalan Thamrin yang dilakukan dengan bersinergi bersama anggota TNI.

“Alhamdulilah yang saya lihat dilaksanakan lebih baik. Saya dapat info kurang lebih 7000 personil dikerahkan disertai peralatan khusus dan kendaraan khusus terlihat di beberapa sudut jalan Thamrin- Merdeka Barat menuju Monas-Istana,” kata Pudji.

Dia pun berharap dan tetap mengimbau agar massa unjuk rasa tetap mematuhi UU 9/98 tentang penyampaian pendapat di muka umum, yakni tertib tidk anarkis. Masyarakat pun berharap pengunjuk rasa tidak lagi unjuk rasa dengan bumbu anarkis. Sebab tuntutan bisa disampaikan melalui jalur hukum dengan uji materil melalui MK.

Dia menegaskan, pihaknya tetap berharap tindak tegas pelaku kerusuhan dan mengungkap aktor intelektualnya.

“Polri pun harus tetap bisa menahan diri jangan mudah terpancing. Tetap lakukan tindakan tegas terukur namun humanis, tidak perlu takut dan ragu, asal itu semua dilaksanakan sesuai SOP dan Perkap yang berlaku. Kompolnas tetap berharap tindak tegas pelaku kerusuhan dan ungkap jelas aktor intelektualnya,” ujar dia.