Home / Berita Kompolnas / Kompolnas Tegaskan Isu Kapolri Terima Suap Impor Daging Tidak Benar

Kompolnas Tegaskan Isu Kapolri Terima Suap Impor Daging Tidak Benar

Foto: Prokal
Foto: Prokal

 

MATARAM, suaramerdeka.com – Kapolri, Jenderal Pol HM Tito Karnavian diisukan menerima suap Impor daging senilai Rp 8 miliar dalam kasus yang menyeret pengusaha Basuki Hariman dan mantan hakim MK Patrialis Akbar. Kapolri Tito Karnavian juga disebutka  diduga menerima aliran dana terkait kasus tersebut.

Komisoner Kompolnas, Poengky Indarti, Sabtu (13/10) siang dalam rangkaian kunjungannya di Mapolda NTB dan Jajaran, menegaskan isu itu tidak benar dan itu merupakan berita bohong yang sengaja dihembuskan oleh oknum-oknum tertentu.

“Isu ini kan sudah lama sejak tahun 2017, dan diungkit-ungkit kembali oleh oknum-oknum tertentu. Saya curiga ini sengaja dihembuskan lagi untuk mengalihkan berita penangkapan Ratna Sarumpaet yang ditangkap karena telah berbohong menyebarkan berita hoax tentang dianiaya oleh beberapa orang hingga wajahnya lebam, padahal wajahnya lebam akibat operasi lemak diwajahnya,” ujar Poengky.

Kompolnas yang memiliki wewenang dalam hal ini tidak tinggal diam untuk melakukan klarifikasi terhadap pihak kepolisian terkait dengan kasus dugaan suap yang menyeret nama Kapolri tersebut. Ternyata hasilnya tidak bisa dibuktikan.

“Apa yang dibeberkan Indonesialeaks belum bisa dianggap suatu kebenaran,” tegasnya.

Menurut Poengky, pihaknya tidak percaya dengan itu, karena isu harus disertai bukti-bukti yang akurat baru bisa diproses. Terkait dengan dua orang anggota Polri yang merobek barang bukti, Poengky menegaskan keterangan yang diperoleh dari Ketua KPK sendiri sudah menyatakan tidak bisa dibuktikan.

Poengky menegaskan berita yang menyeret nama Kapolri itu sengaja dimunculkan oleh pihak-pika tertentu untuk pengalihan kasus penyebaran berita hoax yang dilakukan Ratna Sarumpaet yang saat ini sedang ditangani serius oleh Kepolisian.

“Kami dari kompolnas meminta dan mendesak serta mendukung penuh pihak kepolisian untuk memperoses sampai tuntas kasus Ratna Sarumpaet yang telah menyebarkan berita hoax tentang dirinya dianiaya. Ini sangat menyesatkan,” pungkas Poengky.

(RRI/CN41/SM Network)

 

Sumber:  suaramerdeka.com – 13 Oktober 2018 – 19:45 WIB

https://www.suaramerdeka.com/news/baca/133947/kompolnas-tegaskan-isu-kapolri-terima-suap-impor-daging-tidak-benar