Home / Berita Kompolnas / Kompolnas: Sikapi Novanto, Polri Buktikan Komitmen Antikorupsi

Kompolnas: Sikapi Novanto, Polri Buktikan Komitmen Antikorupsi


Jakarta – Polri menunjukkan sikapnya terhadap kasus Setya Novanto. Polri tak ingin diadu domba dengan KPK dan juga menyatakan kasus surat Pimpinan KPK bisa dihentikan kalau tak cukup bukti.

Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) mengapresiasi sikap Polri itu. Sikap itu menunjukkan komitmen Polri terhadap pemberantasan korupsi.

“Polri juga sangat concern terhadap upaya pemberantasan korupsi,” kata Komisioner Kompolnas, Poengky Indarti, kepada detikcom, Selasa (21/11/2017).

Sikap Polri dinilai tepat dalam menyikapi isu terkait Setya Novanto yang sedang hangat disorot. Ketua DPR yang menjadi tersangka kasus korupsi e-KTP itu meminta perlindungan ke Kapolri Jenderal Tito Karnavian. Menurut Polri, itu bisa diartikan seperti sedang mengadu domba Polri dengan KPK.

“Jika ada seseorang yang dijadikan tersangka oleh KPK, dan KPK memutuskan melakukan penahanan, maka hal tersebut adalah kewenangan KPK. Jika tersangka tersebut meminita perlindungan polisi, jelas tidak ada dasar hukumnya,” tilik Poengky.

Seiring kasus korupsi e-KTP yang mentersangkakan Novanto, ada pula laporan ke polisi soal surat palsu KPK. Polisi menyatakan laporan itu tidak terbukti dalam penyidikan maka laporan itu bisa dihentikan. Ini juga bukti bahwa Polri dan KPK sebenarnya punya sikap yang sama dalam pemberantasan korupsi.

“Pemberantasan korupsi tidak bisa hanya dilakukan satu institusi saja. Dengan komitmen bersama semua institusi negara dan masyarakat untuk memberantas korupsi, maka negara akan menjadi sejahtera,” kata Poengky.

(dnu/fjp)

[Danu Damarjati – detikNews – Selasa 21 November 2017, 09:49 WIB]

https://news.detik.com/berita/d-3735460/kompolnas-sikapi-novanto-polri-buktikan-komitmen-antikorupsi