Home / Berita Kompolnas / Kompolnas RI Pantau Langsung, PAM Pilkada 2020 Di Wilayah Hukum Polda Gorontalo

Kompolnas RI Pantau Langsung, PAM Pilkada 2020 Di Wilayah Hukum Polda Gorontalo

Kompolnas.go.id,Gorontalo- Pelaksanaan pengamanan Pemilihan Kepala Daerah (PILKADA) serentak tahun 2020, di wilayah hukum Kepolisian Gorontalo, di pantua oleh Komisi Kepolisian Nasional Republik Indonesia (KOMPOLNAS RI).

Pelaksananaan pemantauan Pilkada diwilayah hukum Polda Gorontola tersebut,dilakukan Kompolnas RI, dalam kunjungan kerja kewilayahan, yang berlangsung selama 3 hari, tertanggal 28 Juli 2020 sampai tangal 30 Juli. Dan dihadiri anggota Kompolnas RI, Irjen Pol (Purn) Drs.Yotje Mende,M.Hum didampingi Kabag Hukum, Informasi dan Komunikasi (HIK) Sekretariat Kompolnas, Kombes Pol, Joko PurwantoS.IK,SH.

Dalam kunjungan kerja ke Polda Gorontalo, Irjen Pol (Pur)Drs Yotje Mende (Anggota Kompolnas) dan Kabag HIK Sekretariat Kompolnas RI, diterima langsung oleh Kapolda Gorontalo, Irjen Pol. Drs Adnan, M.Si.

Untuk mengumpulkan data-data serta  membahas terkait dengan kesiapan pengamanan Pilkada tahun 2020, dilakukan Kompolnas RI, dalam rapat bersama jajaran Polda Gorontalo.

Dalam rapat bersama Polda Gorontalo dengan Kompolnas RI, selaku pimpinan rapat, Kapolda Gorontalo, Irjen Pol, Drs Adnan, M.Si, menyampaikan beberapa kendala yang dihadapi oleh jajaran Polda Gorontalo dalam kesiapan pengamanan Pilkada.

“Untuk pelaksanaan pengamanan Pilkada diwilayah hukum Polda Gorontalo, masih terkendala dengan keterbatasan sumber daya manusia, sarana prasarana, yang ada di tiap-tiap Polsek. Selain itu kendala lain yang harus di hadapi oleh Polda Gorontalo adalah berkaitan dengan penularan wabah virus Covid-19. Tercacat untuk penanganan virus Covid-19 di wilayah hukum Polda Gorontalo, ada sekitar 800 masyarakat yang tertular virus Covid-19,”ungkap Kapolda Gorontalo.

Jenderal bintang dua itu menuturkan, untuk penanganan penularan wabah virus Covid-19, Polda Gorontalo bersama jajaran Polres selalu melakukan kerja sama dengan jajaran TNI, untuk memberikan sosialisasi penerapan protokol kesehatan, yang dilakukan secara santun dan humanis.

“Untuk langkah-langkah pencegahan penularan Covid-19, Polda Gorontalo bersama TNI, terus melakukan sosialisasi berkaitan dengan penerapan protokol kesehatan di masyarakat. Selain itu Polda Kepri, bersama dengan TNI dan dinas kesahatan, juga meracik handzanitiser buatan dengan bahan dasar cap tikus yang telah lulus pengujian dari Balai Pemeriksa Obat dan Makanan (BPOM) Gorontalo,”tutur Irjen Pol Adnan.

Adnan menuturkan, dalam pelaksanaan pengamanan Pilkada serentak tahun 2020, situasi keamanan dan ketertiban (KAMTIBMAS) diwilayah hukum Polda Gorontalo dalam situasi aman dan kondusif.

“ Untuk pentahapan pelaksanaan Pilkada di Gorontalo telah berjalan, dengan pengamanan dilakukan Polda Gorontalo bersama TNI dan seluruh stakeholder yang ada di Provinsi Gorontalo. Dan untuk situasi Kamtibmas terus ditingkatkan oleh Polda Gorontalo melalui sosialisasi Pilkada kepada masyarakat,”ungkap Kapolda Gorontalo.

Menanggapi pemaparan, persiapan pengamanan Pilkada yang disampikan Kapolda Gorontalo itu, ditanggapi oleh  anggota Kompolnas RI, Irjen Pol (Purna) Drs Yotje Mende, dengan menyampaikan beberapa masukan, diantaranya peningkatan pengamanan oleh Polda Gorontalo dan jajaran Polres,untuk menjaga situasi Kamtibmas yang aman kondusif.

Tentunya dalam pelaksanaan pengamanan Pilkada ditengah-tengah Pandemi Covid-19, diharapkan Polda Gorontalo dapat membangun sinergitas dan kerja sama TNI dan seluruh Stake Holder yang ada di Provinsi Gorontalo.

“Untuk agenda kunjungan kerja yang dilakukan Kompolnas RI ke wilayah hukum Polda Gorontalo, selain melakukan pemantauan, Kompolnas RI juga akan melakukan pengumpulan data berkaitan dengan kesiapan pengamanan Pilkada serentak tahun 2020 yang dilakukan Polda Gorontolo dan jajaran Polres/Polresta. Tentunya dari data-data yang di kumpulkan Kompolnas dalam pemantauan pengamanan Pilkada tahun 2020 di Polda Gorontalo akan di rampung dalam sebuah laporan yang akan diserahkan kepada Presiden dan Kapolri,” ungkap anggota Kompolnas,Irjen Pol (Purn) Yotje Mende. (FER)