Home / Berita Kompolnas / Kompolnas RI Ikut Zoom Meeting KPK, Bersama 42 Lembaga Pemerintah Bahas Pengedalian Gratifikasi

Kompolnas RI Ikut Zoom Meeting KPK, Bersama 42 Lembaga Pemerintah Bahas Pengedalian Gratifikasi

Kompolnas.go.id,Jakarta- Peningkatan wawasan dan informasi pencegahan korupsi, dilakukan Komisi Kepolisian Nasional Republik Indonesia, dengan melibatkan diri pada Focus Group Discussion (FGD) secara online menggunakan aplikasi Zoom Meeting, yang dilakukan  Komisi Pemberantasan Korupsi, melalui Unit Pengendalian Gratifikasi (UPG),  bersama 42, Kementerian, Lembaga, Pemerintahah Daerah dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Pelaksaan zoom meeting tersebut, dihadiri secara langsung oleh Sekretaris Kompolnas RI, Irjen Pol (Purn) Drs Bekto Suprapto,M.Si, bersama Kepala Sekretariat Kompolnas RI, Brigjen Pol Purwolelono, S.IK, MM, Selasa (30/6/2020).

Zoom Meeting tersebut dilakukan, sebagai bagian dari upaya pencegahan korupsi, sebagaimana di amanatkan, dalam pasal 6 huruf a Undang-Undang nomor 19 tahun 2019, tentang perubahan kedua atas undang-undang nomor 30 tahun 2020 tentang Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Kegiatan ini merupakan sarana sharing session tentang peran UPG dalam pencegahan korupsi, terutama dalam pengendalian gratifikasi.

“FGD webinar melalui virtual Zoom Meeting, bersama 42 Lembaga Pemerintah dengan 264 peserta membahas terkait pengendalian gratifikasi menghadirkan 3 nara sumber. Dalam FGD Zoom Meeting tersebut, selaku Sekretaris Kompolnas RI, Saya memberikan gambaran tentang pentingnya integritas bagi sebuah lembaga negara. Kita mudah dapat dinilai dari orang tidak lainnya adalah dari integritas.Hal ini dilakukan karena, setiap lembaga pemerintah sering menganggap gratifikasi merupakan sebuah rejeki dan dicari-cari. Padahal itu justru melanggar aturan dengan sanksi pidana 4 tahun penjara dan paling lama 20 tahun,”ungkap Sekretaris Kompolnas RI. (FER)