Home / Berita Kompolnas / Kompolnas Rekomendasikan Polri Perkuat Polair untuk Cegah Penyelundupan

Kompolnas Rekomendasikan Polri Perkuat Polair untuk Cegah Penyelundupan

BATAMTODAY.COM, Jakarta – Komisioner Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) Andrea Poeloengan merekomendasikan agar Polri memperkuat Polisi Air (Polair) terkait banyaknya upaya penyelundupan narkoba hingga berton-ton via laut di Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

 

“Saya mencoba merekomendasikan bahwa perkuat Polair, (Indonesia) ini poros maritim, ada pantai tradisional, ada yang tidak masuk pantai pelabuhan tapi pribadi, itu harus diawasi,” kata Andrea di Jakarta Pusat, Sabtu (24/2/2018).

Selama ini diketahui banyak ‘pelabuhan tikus’ yqng digunakan untuk menyelundupkan narkoba. Sayangnya, hal ini kurang terpantau karena lemahnya stakeholder yang ada.”Karena faktanya, ketika kami ke wilayah, ke daerah pantai seperti saya sampaikan tadi, nggak kuat Polair kita,” kata Andrea.

Penguatan sendiri, lanjut Andrea bukan hanya soal penambahan personel. Namun, kualitas dan kelengkapan infrastruktur juga harus ditingkatkan. Misalnya, kapal-kapal yang mampu beroperasi sesuai daerahnya.

Di samping itu, sinergitas antar lembaga tetap harus menjadi prioritas. Antar lembaga harus seragam menerjemahkan perintah presiden untuk menindak tegas para pengedar.

“Presiden itu memerintahkan BNN sebagai ujung tombak penanggulangan dan pemberantasan narkoba. Cobalah bersama sama bergeraknya, bukan dengan Polri saja bea cukai juga, angkatan laut juga BPOM juga dan instansi lain dinas kesehatan juga,” kata dia.

Link Berita :

http://m.batamtoday.com/berita-106374-Kompolnas-Rekomendasikan-Polri-Perkuat-Polair-untuk-Cegah-Penyelundupan.html