Home / Berita Kompolnas / Kompolnas: Polisi Jangan Ragu Tembak Pelaku Street Crime

Kompolnas: Polisi Jangan Ragu Tembak Pelaku Street Crime

Jakarta – Komisi Polisi Nasional (Kompolnas) meminta polisi tak ragu menembak di tempat pelaku kejahatan konvensional. Kompolnas berpendapat saat ini situasi keamanan masyarakat rawan.

“Khusus untuk kejahatan jalanan (street crime), kejahatan dengan kekerasan dan pemberatan, kejahatan yang mengganggu rasa aman dan tentram masyarakat, maupun blue collar crime lainnya yang potensi mencederai keselamatan masyarakat, agar polisi jangan pernah ragu untuk lakukan upaya tegas terukur, termasuk tembak di tempat,” kata Komisioner Kompolnas, Andrea H Poeloengan, dalam keterangan tertulis, Jumat (17/4/2020).

Kompolnas menilai tren kejahatan biasanya meningkat menjelang Ramadhan. Ditambah situasi pandemi Corona (COVID-19) yang menyebabkan angka pengangguran meningkat.

“Keadaan darurat kesehatan masyarakat dan bencana non-alam yang telah ditetapkan saat ini juga menimbulkan kerawanan dari segi keamanan. Tingkat pengangguran dan pengangguran terselubung tidak bisa dipungkiri akan meningkat sebagai konsekuensi dari dampaknya,”

“Apalagi saat ini sudah menjelang bulan Ramadhan, yang biasanya tren kejahatan meningkat. Jangan takut takut, karena keamanan negara dan keselamatan jiwa harus menjadi prioritas terdepan bagi pelaksanaan tugas polisi di saat darurat ini,” imbuh dia.

Andrea meminta polisi proaktif di lapangan, salah satunya dengan cara patroli hingga ke gang-gang. Dia juga meminta polisi tak terlalu banyak menerapkan work from home atau bekerja dari rumah.

“Pemerintah sedang terus berusaha menjaga kondusivitas aspek ekonomi, sosial, dan kesejahteraan, maka Polisi harus lebih proaktif dan turun ke lapangan. Jangan terlalu banyak yang stay at home ataupun work from home,” ujar Andrea.

“Tingkatkan Patroli Simpatik berskala besar hingga ke pelosok daerah dan gang-gang,” sambung dia.

Andrea kemudian mengingatkan agar para polisi mematuhi betul prosedur tetap penanganan masalah atau kasus, dan patuh dengan isi Maklumat Kapolri Jenderal Idham Azis terkait Corona.

“Saya juga berpesan agar para polisi di Indonesia untuk menjaga diri mereka baik-baik, jaga kesehatan, patuhi perintah Presiden RI, patuhi protap serta maklumat Kapolri dalam urusan COVID-19. Tegakkan disiplin dan aturan di internal Polri yang melanggar pada saat darurat seperti ini, jika perlu demosi, bahkan PTDH kan saja,” tegas Andrea.(aud/fjp)

Link berita :

https://news.detik.com/berita/d-4980553/kompolnas-polisi-jangan-ragu-tembak-pelaku-street-crime?single=1