Home / Berita Kompolnas / Kompolnas Pantau Operasi Aman Nusa II di Wilayah Hukum Polda NTB

Kompolnas Pantau Operasi Aman Nusa II di Wilayah Hukum Polda NTB

Komisioner Kompolnas Poengky Indarti didampingi Kasubbid Penmas Kompol Putu Suarbawa, saat Konfrensi Pers di Ruang Rupatama Polda NTB, Jumat (12/10).
Komisioner Kompolnas Poengky Indarti didampingi Kasubbid Penmas Kompol Putu Suarbawa, saat Konfrensi Pers di Ruang Rupatama Polda NTB, Jumat (12/10).

Mataram, NewsMetropol – Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) melaksanakan kunjungan kerja ke Polda NTB dalam rangka memantau pelaksanaan gelar Operasi Aman Nusa II di wilayah Nusa Tenggara Barat (NTB).

Komisioner Kompolnas Poengky Indarti didampingi Kasubbid Penmas Kompol Putu Suarbawa, pada saat Konfrensi Pers di Ruang Rupatama Polda NTB, Jumat (12/10).

Poengky Indarti menjelaskan, kunjungan kerja ini dilaksanakan Kompolnas mengingat bahwa Indonesia adalah Negara yang terletak di perbatasan lempeng Eurarsia Indo Australia dan lempeng Pasifik serta diseluruh berjajar gunung-gunung berapi (Ring Of Fire).

Mengakibatkan Indonesia menjadi Daerah yang rawan terkena gempa bumi dan tsunami.

Oleh karna itu Pemerintah dan rakyat Indonesia harus cepat tanggap dalam menghadapi segala kemungkinannya, ujarnya.

Nusa Tenggara Barat (NTB) lanjut Poengky Indarti yang pada bulan Juli hingga Oktober 2018 ini dilanda gempa tektonik, maka sebagai bentuk penanggulangan bencana alam tersebut , Polri dalam hal ini Polda NTB menggelar Operasi Aman Nusa II.

Adapun maksud dan tujuan kunjungan kerja Kompolnas ke Polda NTB adalah untuk melihat secara langsung dan melakukan pemantauan terhadap pelaksana gelar Operasi Aman Nusa II di wilayah hukum Polda NTB sebagai bahan laporan Kompolnas kepada Presiden RI, katanya.

Kompolnas meninjau Polres-Polres dan Polsek-Polsek antara lain Polres Lombok Utara, Polsek Gangga, Polsek Tanjung dan Polsek Pemenang di wilayah Polres Lombok Utara, serta mengunjungi Polres Lombok Timur, Polsek Peringgabaya, dan Sekolah Polisi (SPN) Belanting di wilayah Lombok Timur.

Poengky Indarti juga menjelaskan, hasil yang didapat Kompolnas dalam kunjungan kerja ini adalah melihat Polda NTB telah melakukan gelar Operasi Aman Nusa II dengan sangat baik dan profesional.

Dari pantauan Kompolnas ada 24 jenis kegiatan yang telah dilaksanakan oleh Polda NTB antara lain, menyediakan evakuasi umum terhadap masyarakat yang terkena dampak bencana, evakuasi khusus Gunung Rinjani, serta evakuasi di Gili-Gili di Pulau Lombok.

Termasuk juga menyediakan dapur umum serta penyediaan pelayanan kesehatan, penyediaan air bersih, tarauma hiling, serta membersihkan puing-puing bangunan, Operasi harga sembako, cyber troops untuk menangkal berita hoax dan lain-lain.

“Kompolnas sangat mengapresiasi profesionalis kinerja Polda NTB meskipun ada 112 unit Kantor Polisi di wilayah NTB akan tetapi Kapolda dan seluruh anggotanya tetap sigap dan profesional dalam melaksanakan tugasnya. Termasuk dengan melaksanakan tugas bantuan penanggulangan gempa yang terjadi di wilayah NTB,” ujar Poengky Indarti.

(Rahmat)

 

Sumber: newsmetropol.com- 13 Oktober 2018

http://newsmetropol.com/kompolnas-pantau-operasi-aman-nusa-ii-di-wilayah-hukum-polda-ntb/