Home / Berita Kompolnas / Kompolnas Minta Semua Lapisan Masyarakat Bergerak Berantas Miras

Kompolnas Minta Semua Lapisan Masyarakat Bergerak Berantas Miras

 

Ilustrasi larangan minuman keras (Foto:Okezone)
Ilustrasi larangan minuman keras (Foto:Okezone)

JAKARTA – Puluhan orang tewas, usai menenggak minuman keras (miras) oplosan, yang diketahui hasil racikan bos miras bernama Samsudin Simbolon. Polisi pun telah menangkap Samsudin beserta tiga orang lainnya dalam kejadian luar biasa ini.

Komisioner Kompolnas, Poengky Indarti mengatakan, pengonsumsi miras oplosan yang seharusnya sadar bahwa mengonsumsi miras oplosan itu berbahaya dan dapat menyebabkan ke rusakan organ tubuh, bahkan kematian.

Sama jika orang menggunakan narkotika, resikonya juga menjadi tanggungan pengguna.

“Untuk dapat menanggulangi pencegahan peredaran miras oplosan itu, kita perlu kerjasama semua pihak agar dapat membantu aparat kepolisian. Sehingga peredaran miras oplosan dapat digagalkan dan ditindak tegas pelakunya,” kata Poengky saat berbincang dengan Okezone, Jumat (20/4/2018).

2nxt05669kelcr70f9d5_19855

Selain itu, lanjut dia, untuk mencegah jatuhnya korban yang belum dewasa, maka perlunya pengawasan orang tua, keluarga, lingkungan maupun sekolah agar anak-anak tidak mencoba-coba mengonsumsinya.

“Tanggung jawab kita semua untuk menjaga generasi muda agar terhindar dari bahaya miras oplosan,” tuturnya.

Ia menjelaskan, pengawasan harus dilakukan bersama. Jika ada dugaan orang mengoplos miras dan menjualnya, maka yang mengetahui dapat melaporkan kepada perangkat pemerintah dan aparat kepolisian.

bo0y2ig009mzxjxrqo3l_20954

“Jadi, yang paling penting adalah pendidikan dan pemahaman pada masyarakat, khususnya anak-anak dan remaja untuk tidak mengonsumsi miras, apalagi miras oplosan sangat membahayakan. Itu tidak bisa dibebankan pada Kepolisian saja,” ungkapnya.

Ia menambahkan, miras itu, tidak bisa dimasukkan ke dalam kategori narkoba sudah ada regulasi berlapis. Ada KUHP, ada UU Kesehatan, ada UU Pangan (utk miras oplosan). “Ancaman hukumannya juga tinggi,” pungkasnya.
(muf)

 

[Taufik Fajar • okezone.com • Jum’at 20 April 2018 06:31 WIB]

Link sumber:
https://news.okezone.com/read/2018/04/20/337/1889107/kompolnas-minta-semua-lapisan-masyarakat-bergerak-berantas-miras