Home / Kompolnas Minta Polisi Usut Tuntas Candaan Bom di Pesawat Lion Air

Kompolnas Minta Polisi Usut Tuntas Candaan Bom di Pesawat Lion Air

 

Penumpang Pesawat Lion Air berhamburan karena ada yang ngaku bawa bom (Foto: Ist)
Penumpang Pesawat Lion Air berhamburan karena ada yang ngaku bawa bom (Foto: Ist)

JAKARTA – Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) meminta aparat penegak hukum untuk mengusut tuntas kasus candaan membawa bom di dalam Pesawat Lion Air Airlines di Bandara Internasional Supadio Kubu Raya, Kalimantan Barat.

Pesawat Lion Air tujuan Pontianak-Jakarta sempat terlambat berjam-jam setelah adanya seorang penumpang bernama Frantinus Nigiri, yang diduga bercanda membawa bom di dalam pesawat.

“Saya berharap, penegak hukum segera selesaikan penyidikannya dan memproses secara hukum apabila terjadi perbuatan pidana,” kata anggota Kompolnas Bekto Suprapto kepada Okezone, Jakarta, Selasa (29/5/2018).

Saat ini, kata dia, biarkan jajaran kepolisian melakukan investigasi atas insiden candaan yang meresahkan masyarakat itu. Menurutnya, aparat berwajib harus mengumpulkan seluruh bukti dan fakta dari peristiwa itu.

“Investigasi akan mengumpulkan fakta-fakta apa yang terjadi, keterangan saksi-saksi yang melihat-mendengar-mengalami langsung peristiwa tersebut,” tutur dia.

Terkait investigasi itu, Bekto memprediksi bahwa polisi akan sedikit mengalami kesulitan lantaran, saksi mata di dalam pesawat itu sudah terpencar ke tujuannya masing-masing. Sehingga, hal itu akan mengulur proses pencarian bukti.

“Kemungkinan penegak hukum akan sedikit mengalami kesulitan karena saksi-saksi yang ada di pesawat terbang kebanyakan sudah ikut terbang sesuai tujuan,” katanya.

Bahkan, akibat candaan ini, ada penumpang yang memaksa membuka pintu darurat pesawat. Alhasil, beberapa penumpang mengalami cedera lantaran nekat melompat dari pintu darurat yang dibuka secara paksa. Mereka terluka lantaran berusaha menyelamatkan diri dengan cara melompat dari sayap pesawat.

Di sisi lain, menurut Bekto, aparat kepolisian juga harus melakukan pemeriksaan terhadap orang yang membuka paksa pintu darurat itu. Pasalnya, sambung dia, seluruh prosedur di dalam pesawat sudah dijelaskan oleh Pramugari.

Masalah lain yang juga perlu diperhatikan adalah jarangnya penumpang yang mau mendengarkan penjelasan pramugari. Sehingga ada kemungkinan pintu darurat dibuka tidak sesuai prosedur.

“Siapapun yang membuka pintu darurat atau yang meminta membuka pintu darurat juga akan menjadi sasaran investigasi penegak hukum,” tutup dia.

 

Sumber: Puteranegara Batubara – okezone.com – Rabu 30 Mei 2018 07:27 WIB

Link: https://news.okezone.com/read/2018/05/30/337/1904304/kompolnas-minta-polisi-usut-tuntas-candaan-bom-di-pesawat-lion-air