Home / Berita Kompolnas / Kompolnas Minta Penyerangan Mapolsek Ciracas Diusut Tuntas

Kompolnas Minta Penyerangan Mapolsek Ciracas Diusut Tuntas

Tri Subarkah | Megapolitan | 29 August 2020, 16:54 WIB

MI/Andry Widiyanto

KOMISI Kepolisian Nasional (Kompolnas) melihat penyerangan terhadap Mapolsek Ciracas, Jakarta Timur pada Sabtu (29/8) dini hari sebagai hal yang aneh. Pasalnya, serangan yang dilakukan oleh sekelompok orang tidak dikenal itu terjadi secara tiba-tiba dan cepat.

Juru Bicara Kompolnas Poengky Indarti mendorong agar Polri dapat melakukan penyelidikan secara profesional dan transparan.

“Ada saksi korban, ada saksi-saksi, ada bukti-bukti yang kesemuanya ini dengan menggunakan scientific crime investigation dapat diungkap siapa para pelakunya,” kata Poengky kepada mediaindonesia.com, Sabtu (29/8).

Lebih lanjut, Poengky juga meminta Polri untuk menyelidiki kasus-kasus di wilayah hukum Polsek Ciracas yang menjadi potensi memicu serangan itu.

“Segera cek apa yang terjadi di wilayah hukum Polsek Ciracas, apakah ada kasus-kasus yang patut diduga terkait dengan orang-orang yang melakukan penyerangan dan perusakan?” tanyanya.

Menurut Poengky, penyerangan yang terjadi dini hari tadi mirip dengan serangan serupa pada Desember 2018. Saat itu, serangan juga dilakukan oleh segerombolan orang tak dikenal secara serempak pada malam hari.

“Tidak ada yang kebal hukum di republik ini. Jangan sampai kasus ini tidak tuntas pengusutannya seperti tahun 2018, sehingga membuat para pelaku tidak jera. Harus diproses pidana dan dihukum agar ada efek jera bagi para pelaku,” ujar Poengky.

Ia menjelaskan bahwa serangan ke Mapolsek Ciracas pada 2018 terjadi setelah insiden yang menimpa anggota TNI. Oleh sebab itu, menurutnya penting untuk melihat peristiwa apa yang sebelum terjadi dalam penyerangan kali ini.

“Jika kemungkinan diduga ada oknum TNI terlibat, saya berharap Kapolda dan Pangdam dapat memerintahkan penyidik Polri dan POM untuk bersama-sama melakukan lidik sidik,” tandasnya.

Sebelumnya, menurut Kepala Bidang Hubungan Masyarkat Polda Metro Jaya sebanyak 100 orang bersepeda motor menyerang Mapolsek Ciracas dini hari tadi. Ia mengatakan beberapa kendaraan yang terparkir di halaman Polsek mengalami kerusakan.

“Ada dua kendaraan, dipecah kacanya, satu bus, satu mobil dinas. Kemudian membakar dua mobil, satu mobil patroli, satu mobil wakapolsek terus merusak kaca lah kaca Polsek ini,” papar Yusri.

Selain merusak Gedung Polsek dan kendaraan di dalamnya, kelompok orang yang sampai sekarang belum diketahui identitasnya juga menyerang dua anggota polisi. Namun menurut Yusri, penyerangan dilakukan di tempat berbeda.

“Mereka setelah itu di jalanan berpasasan dengan ada anggota lagi patroli, Sabhara sama Pam Obvit, kemudian dianiaya. Sekarang ini anggota tersebut dirawat di rumah sakit,” tandas Yusri.

Pascainsiden tersebut, Yusri mengatakan pihaknya memperketat penjagaan terhadap Mapolsek Ciracas. (OL-7)

Sumber: https://m.mediaindonesia.com/read/detail/340508-kompolnas-minta-penyerangan-mapolsek-ciracas-diusut-tuntas