Home / Berita Kompolnas / Kompolnas: Koordinasi Baik Antarinstansi Akan Mampu Gagalkan Peredaran Narkoba

Kompolnas: Koordinasi Baik Antarinstansi Akan Mampu Gagalkan Peredaran Narkoba

 

Penggagalan penyelundupan sabu 1,8 ton di Batam. (Foto: Ist)
Penggagalan penyelundupan sabu 1,8 ton di Batam. (Foto: Ist)

JAKARTA – Direktorat Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri dan tim gabungan yang terdiri dari Bea Cukai serta Satgassus Polri menangkap kapal asal Taiwan yang membawa narkotika jenis sabu sebanyak 1,8 ton di perairan Batam, Kepulauan Riau.

Menyikapi hal itu, komisioner Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) Poengky Indarti memberikan apresiasi kepada tim gabungan yang melakukan koordinasi dengan baik sehingga berhasil mengungkap kapal yang membawa narkoba ke dalam negeri. Sebab, menurut dia, Indonesia sebagai negara kepulauan sangat rawan dengan penyelundupan narkoba.

“Kerjasama dan koordinasi yang baik antarinstansi pemerintahan yang dapat menggagalkan dan menangkap pelaku kriminal ini. Sebab, Indonesia sebagai negara kepulauan memang rawan penyelundupan narkoba,” papar Poengky kepada Okezone, Kamis (22/2/2018).

Poengky juga menginginkan para oknum yang membantu mengedarkan narkoba ke Indonesia dapat diberi hukuman berat sebagai bentuk pencegahan Indonesia terhadap narkoba.

“Oknum-oknum yang membantu para pengedar dengan memasukkan narkoba ke Indonesia harus dihukum berat,” tegasnya.

Selain itu, dikarenakan kerap kali Indonesia dijadikan sebagai objek pasar narkoba, Poengky mengimbau semua pihak menjauhi barang haram itu dengan melakukan pencegahan yang dilakukan oleh orang terdekat di sekitarnya.

“Jadi yang harus digalakkan adalah pencegahannya. Para orangtua, guru, dan tokoh masyarakat agar dapat menjaga anaknya atau warganya untuk tidak mengonsumsi narkoba,” pungkasnya. (han)

[Harits Tryan Akhmad, Jurnalis · Kamis 22 Februari 2018 07:31 WIB] https://news.okezone.com/read/2018/02/22/337/1862958/kompolnas-koordinasi-baik-antarinstansi-akan-mampu-gagalkan-peredaran-narkoba