Home / Berita Kompolnas / Kompolnas: Kelompok The Family MCA Bisa Memecah Belah Bangsa

Kompolnas: Kelompok The Family MCA Bisa Memecah Belah Bangsa

 

foto: Illustrasi
foto: Illustrasi

JAKARTA – Komisioner Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) Andrea Poeloengan menyebut bahwa kejahatan yang dilakukan oleh kelompok penyebar ujaran kebencian di media sosial (medsos) yang tergabung dalam The Family Muslim Cyber Army (MCA) bisa memecah belah bangsa Indonesia.

“Targetnya adalah penaklukan dengan menciptakan konflik atau perang saudara, dan bahkan perpecahan kebangsaan,” kata Andrea kepada Okezone, Jakarta, Selasa(6/3/2018).

Andrea menambahkan, di era kemajuan teknologi dewasa ini, kejahatan yang menggunakan wadah media sosial memang kerap meresahkan masyarakat. Mengingat, arus informasi di dunia maya sangat bergerak cepat dan tak bisa dibendung.

“Hoax atau cyber bullying semua itu hanya bahasa moderen dari tindakan tindakan pembusukan, berita bohong, fitnah,” tutur dia.

Kejahatan menyebarkan kebencian dan fitnah, menurut Andrea, sebetulnya sempat terjadi di era penjajahan Belanda. Selain perang senjata, sambung Andrea masa itu juga kerap memunculkan fitnah dikalangan masyarakat.

Andre menyatakan, penyebaran fitnah di masa penjajahan Belanda dikenal dengan istilah Divide Et Impera atau politik belah bambu yang memunculkan konflik horizontal dikalangan masyarakat.

“Pecah belah dan jajahlah diantaranya menggunakan propaganda propaganda yang berisi berita bohong, fitnah, pembusukan,” ucap dia.

Oleh karena itu, Andre mengimbau kepada aparat kepolisian untuk lebih memperkuat patroli Siber dan penegakan hukum dengan tegas. Tak hanya itu, lanjut dia, edukasi dari pemerintah juga perlu untuk masyarakat cerdas dalam menggunakan medsos.

“Tapi edukasi masyarakat dan pemulihan kondisi yang “rusak” harus dilakukan secara intens oleh pemerintah. Dalam hal ini kementerian atau lembaga terkait,” tutup dia.

(wal)

Link sumber:
[Puteranegara Batubara, Jurnalis · Selasa 06 Maret 2018 05:28 WIB] https://news.okezone.com/read/2018/03/06/337/1868404/kompolnas-kelompok-the-family-mca-bisa-memecah-belah-bangsa