Home / Berita Kompolnas / Kompolnas: Kasus Taruna Akpol Jangan Ditutup-tutupi, Jelaskanlah ke Publik

Kompolnas: Kasus Taruna Akpol Jangan Ditutup-tutupi, Jelaskanlah ke Publik

SEMARANG – Komisioner Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) Irjen Pol (Purn), Bekto Suprapto, mengatakan Akpol harus menjelaskan kepada publik, perihal ketidakhadiran ke-14 terdakwa taruna di hadapan persidangan, kemarin.

Menurut dia, jika tidak ada penjelasan yang gamblang dari pihak terkait, baik Akpol maupun kepolisian Jateng, akan muncul opini di masyarakat bahwa Polri tak profesional dan tak serius untuk menuntaskan kasus ini secara hukum.

“Sebaiknya ada penjelasan resmi, terkait masalah ini, atau akan muncul opini liar di masyarakat bahwa Polri tidak profesional,” ucap mantan Wakabareskrim Polri ini.

Sebab, keberadaan Akpol tak bisa dipisahkan dari eksistensi kepolisian. Diakui, memang ada mekanisme sidang pelanggaran disiplin dan etik di lingkungan internal Polri. Bahkan, ditandaskan, bagi mereka yang masih berstatus taruna, yang notabene belum resmi menjadi anggota Polri.

“Satu hal yang sangat penting, sidang etik tidak menghilangkan kewenangan pengadilan untuk menyidangkan perkara ke-14 terdakwa,” kata mantan Kapolda Papua tersebut.

Oleh karena itu, sebaiknya pihak terkait, baik jaksa, pengadilan, dan Akpol, berkoordinasi, guna kelancaran jalannya persidangan. “Jangan sampai muncul opini liar di masyarakat,” ingat dia.(tribunjateng/cetak)

[jateng.tribunnews.com/Selasa, 19 September 2017 08:43] http://jateng.tribunnews.com/2017/09/19/kompolnas-kasus-taruna-akpol-jangan-ditutup-tutupi-jelaskanlah-ke-publik