Home / Berita Kompolnas / Kompolnas : Kapolri Baru Harus Berani Babat Habis Kelompok Intoleran dan Radikal

Kompolnas : Kapolri Baru Harus Berani Babat Habis Kelompok Intoleran dan Radikal


 ADHEY. Nasional

POJOKSATU.id, JAKARTA- Anggota Komisi Kepolisian Nasional atau Kompolnas Poengky Indarti menyarankan agar Komjen Listyo Sigit Prabowo tetap melanjutkan program-program yang dinilai baik yang dilakukan oleh Kapolri sebelumnya.

“Program- program yang sudah baik yang dilakukan Kapolri- kapolri terdahulu agar tetap dilanjutkan agar berkesinambungan,” kata Poengky saat dihubungi Pojoksatu, Rabu (20/1/2021).

Selanjutnya, kata Poengky, institusi Korps Byangkara itu tetap harus fokus pada penegakan hukum terhadap kejahatan konvensional dan kejahatan transnational, seperti narkoba dan teroris.

Tak hanya itu, lanjutnya, Kapolri baru nantinya harus lebih tegas lagi dalam menghadapi kelompok-kelompok intoleran dan radikal.

“(Polri) tegas terhadap kejahatan siber serta tantangan terhadap menguatnya intoleransi dan kelompok-kelompok radikal,” ujarnya.

Kendati demikian, kata Poengky, Polri tetap harus mengedepankan profesionalitas dalam penegakan hukum, termasuk tidak melakukan kekerasan yang berlebihan dalam menindak pelaku kejahatan.

“Masyarakat masih melihat adanya anggota yang melakukan kekerasan berlebihan, arogan dan bergaya hidup mewah. Hal tersebut harus dikoreksi. Profesionalitas anggota juga harus ditingkatkan,” ujarnya.

Komjen Listyo Sigit Prabowo menjalani uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test sebagai calon Kapolri di hadapan Komisi III DPR RI hari ini, Rabu (20/1/2021). Dalam kesempatan itu, Sigit memaparkan beberapa konsep atau program bila nantinya dia resmi memimpin Korps Byangkara itu.

Adapun empat program besar yang menjadi point pokok calon kapolri baru yakni : Transformasi Organisasi, Transformasi Operasional, Transformasi Pelayanan Publik, dan Transformasi Pengawasan.