Home / Berita Kompolnas / Kompolnas Harap Pengganti Syafruddin Mampu Tingkatkan Kualitas Kinerja Polri

Kompolnas Harap Pengganti Syafruddin Mampu Tingkatkan Kualitas Kinerja Polri

Komisioner Kompolnas, Poengky Indarti(Ambaranie Nadia K.M)
Komisioner Kompolnas, Poengky Indarti(Ambaranie Nadia K.M)

JAKARTA – Komisioner Komisi Kepolisian Nasional ( Kompolnas) RI Poengky Indarti berharap pengganti Wakil Kepala Polri (Wakapolri) Syafruddin nantinya bisa meningkatkan kualitas kinerja dan pelayanan Polri kepada masyarakat.

“(Wakapolri pengganti Syafruddin) Mampu bekerjasama dengan Kapolri, mendukung dan membantu Kapolri mewujudkan Polri yang Promoter (Profesional, Modern dan Terpecaya), mampu menjadikan Polri profesional dan mandiri,” kata Poengky saat dihubungi Kompas.com, Rabu (15/8/2018).

Poengky yakin posisi Wakapolri yang kosong akan segera dipilih Kapolri dalam waktu dekat.

Ia menuturkan, penentuan Wakapolri menjadi hak prerogatif Kapolri. Merupakan hak Kapolri untuk memilih wakilnya. Kita tunggu saja,” kata Poengky.

Lebih lanjut, saat ditanya apakah Kompolnas memberikan saran mengenai calon-calon Wakapolri kepada Kapolri, Poengky menjawab, Kompolnas tak memiliki kewenangan akan hal tersebut.

“Kalau Kompolnas kan tugasnya salah satunya memberikan pertimbangan kepada Presiden tentang pengangkatan dan pemberhentian Kapolri. Jadi kalau tentang Wakapolri, kami tidak berwenang,” ujar Poengky.

Diketahui, Presiden Jokowi melantik Syafruddin sebagai Menteri PAN-RB pada Rabu pagi.

Ia menggantikan Asman Abnur yang mengundurkan diri karena PAN, partai politik tempatnya bernaung, tidak lagi mendukung Jokowi pada Pemilu 2019.

Pelantikan Syafruddin dilaksanakan di Istana Negara didasarkan pada Surat Keputusan Presiden Nomor 142P Tahun 2018 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Kabinet Kerja dalam sisa masa jabatan periode 2014-2019. []

 

Penulis : Reza Jurnaliston
Editor : Sabrina Asril

Sumber: Kompas.com – 15/08/2018, 15:22 WIB
Link: https://nasional.kompas.com/read/2018/08/15/15223501/kompolnas-harap-pengganti-syafruddin-mampu-tingkatkan-kualitas-kinerja-polri.