Home / Berita Kompolnas / Kompolnas Dukung Komjen Listyo Hapus Tilang di Jalan Raya

Kompolnas Dukung Komjen Listyo Hapus Tilang di Jalan Raya

Kapolri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo/Antara.

Siti Yona Hukmana • 22 Januari 2021 06:32

Jakarta : Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) mendukung keinginan calon Kapolri Komjen Listyo Sigit Prabowo menghapus tilang di jalan raya oleh anggota polisi lalu lintas (polantas). Rencana tersebut mengubah ‘wajah’ Polri menjadi lebih humanis. 
 
“Ke depannya polantas hanya mengatur lalu lintas dan tidak perlu menilang,” kata Komisioner Kompolnas Poengky Indarti saat dikonfirmasi di Jakarta, Jumat, 22 Januari 2021. 
 
Peongky mengatakan penilangan di jalan raya tak jarang menimbulkan citra negatif di tubuh Korps Bhayangkara. Dia mengaku kerap menerima keluhan masyarakat terkait oknum polantas yang nakal.

“Misalnya langsung main tilang dengan tujuan pungli (pungutan liar), padahal polisi diharapkan mengedepankan harkamtibmas (pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat). Sehingga, jika ada yang melanggar lalu lintas sebaiknya ditegur dan diarahkan dulu,” ujar Poengky. 
 
Saat ini di beberapa kota di Indonesia sudah memasang kamera tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement (e-TLE). Seperti di DKI Jakarta, Semarang, Makassar, Surabaya, dan Solo. 
 
“Nah, dengan adanya e-tilang akan mencegah tindakan pelanggaran petugas, karena yang “menangkap” pelanggaran lalu lintas adalah teknologi melalui kamera CCTV di jalan,” ungkap Poengky. 
 
Namun, belum seluruh daerah yang menggunakan kamera tilang elektronik itu. Poengky mengatakan modernisasi kepolisian harus bisa diterapkan hingga ke pelosok-pelosok wilayah Indonesia.
 
“Tantangannya memang di daerah-daerah yang teknologi internetnya masih belum bagus. Untuk itu, bisa dilaksanakan secara bertahap di daerah-daerah yang teknologinya bagus, misalnya di kota-kota besar,” tutur Poengky. 
 
Poengky menyebut kamera tilang elektronik itu tidak hanya memantau pelanggaran lalu lintas. Melainkan  juga tindak kejahatan, karena telah terintegrasi dengan Command Center Polri.
 
“Sehingga diharapkan ada kerja sama antara pemerintah paerah dan polda agar CCTV pemerintah daerah dan CCTV milik masyarakat dapat diintegrasikan dengan command center guna menjaga kamtibmas di wilayah,” tutur Poengky. 
 
Sebelumnya, Komjen Listyo menyampaikan tidak ingin ada lagi anggota polantaas yang melakukan penilangan terhadap masyarakat di jalan raya. Sebab, sudah ada kamera e-TLE. 
 
“Ke depan, saya harapkan anggota lalin turun ke lapangan, kemudian mengatur lalin yang sedang macet, tidak perlu melakukan tilang. Ini kita harapkan menjadi icon perubahan perilaku Polri, khususnya di sektor pelayanan lini terdepan yaitu anggota kita di lalin,” kata Listyo saat menjalani uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) calon Kapolri di Ruang Sidang Komisi III DPR, Jakarta, Rabu, 20 Januari 2021. 
 
(ADN)

Sumber: Medcom.id