Home / Berita Polri / Kompolnas Dorong Profesionalitas dan Kemandirian Polda Papua Barat

Kompolnas Dorong Profesionalitas dan Kemandirian Polda Papua Barat

Kapolda Papua Barat Brigjen Pol Drs Rudolf A Rodja tengah menanggapi beberapa masukan yang disampaikan dalam kegiatan tatap muka bersama Anggota Kompolnas, di Kantor Polda Papua Barat, Rabu (13/03/2019). FOTO:MELKY JAPEKY/HARIANPAPUANEWS.COM
Kapolda Papua Barat Brigjen Pol Drs Rudolf A Rodja tengah menanggapi beberapa masukan yang disampaikan dalam kegiatan tatap muka bersama Anggota Kompolnas, di Kantor Polda Papua Barat, Rabu (13/03/2019). FOTO:MELKY JAPEKY/HARIANPAPUANEWS.COM

 

Manokwari, Harianpapuabaratnews.com – Tim Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) mengadakan tatap muka bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda), tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat, tokoh perempuan dan insan media guna menampung masukan dalam rangka mendorong peningkatan profesionalitas dan kemandirian Polri, di Polda Papua Barat, Rabu (13/03/2019).

“Salah satu tugas Kompolnas adalah memberikan pertimbangan kepada Presidan tentang arah kebijakan Polri, serta pengusulan pengangkatan dan pemberhentian Kapolri,” kata Anggota Kompolnas, Poengky Indarti kepada wartawan usai tatap muka.

Poengky menjelaskan, itu memrupakan bagian dari penjabaran tugas Kompolnas, sehingga anggota Kompolnas punya kewenangan untuk mengambil data-data terkait dengan sumber daya manusia (SDM), sarana dan prasarana (Sarpras), satuan kerja (Satker), kesatuan wilayah (Satwil) di Mabes Polri.

“Selain itu, Kompolnas juga akan memberikan pertimbangan kepada Presidan terkat dengan bagaimana Polri bisa menjadi profesional dan mandiri,” tutur Poengky.

Kunjungan kerja (Kunker) tim Kompolnas dengan didampingi staf pendamping kali ini adalah ingin mengetahui perkembangan Polda Papua Barat yang usianya telah mencapai empat tahun setelah terpisah dari Polda Papua, kemudian berdiri sendiri seperti apa.

“Kompolnas ingin tahu perkembangannya, sehingga kami sudah melihat SDM, Sapras, Anggarannya, serta melaksanakan tatap muka bersama untuk menampung masukan dari Forkompinda dan para tokoh-tokoh yang ada,” jelas Poengky.

Sejumlah pejabat seperti Wakil Gubernur Provinsi Papua Barat, Mohammad Lakotani, Kapolda Papua Barat Brigjen Pol Drs Rudolf A Rodja, Pangdam XVIII/Kasuari Mayjen Yoppi Onisimus Wayangaku, Forkompinda bersama para tokoh lainnya yang menghadiri tatap muka tersebut telah memberikan masukan, penguatan dan dukungan kepada Polda Papua Barat.

“Kami puas dengan pertemuan ini karena responnya sangat baik. Jadi, kami akan memberikan masukan kepada Presidan terkait kinerja Polda Papua Barat, dan juga rekomendasi kepada Kapolri soal prestasi, harapan, maupun tantangan yang dihadapi oleh Polda Papua Barat,” tandas Poengky.

Adapun Tim Kompolnas yang menjalankan Kunker sejak 12-13 Maret 2019 ini adalah Irjen Pol (Purn) Yotje Mende, didampingi Dede Farhan Aulawi, Kabang Hukum, Informasi dan Data Set Kompolnas, Kombes Pol Joko Purwanto, Kasubbag Keuangan Set Kompolnas, Nunung Nurhayati, Staf Bag Duknis Set Kompolnas, Widodo adalah melaksanakan dua agenda penting.

Partema, mendengarkan pemaparan dan diskusi pelaksanaan Ops Mantab Barata 2018/2019 Polda Papua Barat, dan yang kedua adalah tatap muka bersama Forkompinda, Tokoh Masyarakat dan Pejabat Polda/Pemda terkait. (mel)

 

Sumber: manokwari.harianpapuanews.com – Rabu, 13 Maret 2019 17:24

https://manokwari.harianpapuanews.com/baca/papua/kompolnas-dorong-profesionalitas-dan-kemandrian-polda-papua-barat