Home / Berita Kompolnas / Kompolnas Dampingi Polda Jateng Dan Polresta Surakarta, Hadiri Sidang Praperadilan Kasus Tanah Di PN Surakarta

Kompolnas Dampingi Polda Jateng Dan Polresta Surakarta, Hadiri Sidang Praperadilan Kasus Tanah Di PN Surakarta

Kompolnas.go.id- Sidang praperadilan kasus tindak pidana penggelapan tanah yang melibatkan, pemohon Chodijah melalui kuasa hukum, Wiyono Aryo Negoro, SH dan rekan melawan Polresta Surakarta, Polda Jawa Tengah.

Sidang Praperadilan,hari pertama yang berlangsung di ruangan sidang Oemar Seno Adjie, PN Surakarta, pada Senin (22/2/2021) teregister relas panggilan nomor : 19/Pid Pra/2020/PN Skt, tanggal 11 Februari 2021. Dengan materi perkara mengenai tidak sahnya penghentian penyidikan sebagaimana perkara dalam Laporan Polisi No.LP/B/149/IV/ RES.1.11/2018/JATENG/Resta Ska tanggal 24 April 2018, tentang tindak pidana penggelapan tanah sebagaimana dimaksud dalam pasal 372 KHUP.

Sidang praperadilan kasus tanah yang berlangsung di PN Surakarta, dipimpin oleh hakim tunggal, Dwi Hananta, SH, MH, panitera pengganti, Edi Hartono, SH,MH. Dengan pemohon, Chodijah melalui kuasa hukum Wiyono Aryo Negoro, SH, MH dan rekan. Sedangkan pihak termohon dihadiri oleh Kabidkum Polda Jateng, Kombes Pol, Muhamammad Endro, S.IK, MH, Advokad Muda 1 Bidkum Polda Jateng, Kompol Julius Herlinda, SH, MH, Ka Ur Rapkum Bidkum Polda Jateng, Pembina Sugiarto, SH, M.Kn, Kasubag Hukum Polresta Surakarta, AKP Rini Pengestuti, SH,MH,Kanit V Satreskrim Polresta Surakarta, Iptu, Catur Agus Yudo, P. SH, MH, Kasubnit 1Unit V Satreskrim Polresta Surakarta, Aiptu, M.Ichwan,SH, Paur Bankum Polresta Surakarta, Aiptu Wahyono, SH, Paur Rapkum Subbag Hukum Polresta Surakarta, Aiptu Lilik, H.SH, Penyidik Pembantu Unit V Satreskrim Polresta Surakarta, Aipda Sarimin, SH.

Dan Kompolnas selaku kuasa hukum termohon III, yang dihadiri oleh Kabah Hukum Informasi Komunikasi (HIK) Sekretariat Kompolnas, Kombes Pol. Joko Purwanto, S.IK, SH, beserta staf, Yosef Gaspar Matheus da Costa, SH

Sidang praperadilan yang berlangsung di PN Surakarta, mengagendakan, pembacaan permohonan praperadilan dengan rangkain persidangan, sidang di buka oleh Hakim Tunggal, Dwi Hananta,SH, MH, pemeriksaan surat kuasa dan administrasi sidang dari pemohon dan termohon serta turut termohon oleh Hakim tunggal praperadilan.

Turut termohon I (Kapolri) dan Turut termohon II (Irwasum Polri) tidak Hadir, pembacaan permohonan praperadilan oleh pemohon, pembacaan dan penandatanganan Cord Calender (Jadwal Sidang) sebagi berikut:

a. Tanggal 22  Februari 2021 Pembacaan permohonan

b. Tanggal 23 Februari 2021 Jawaban dari Termohon dan Turut termohon

c. Tanggal 24 Februari 2021 Replik dari Pemohon

d. Tanggal 25 Februari 2021 Dupilk dari Termohon & Turut termohon di lanjutkan Bukti dari Pemohon dan Termohon

e. Tanggal 26 Februari 2021 Saksi (Jika Ada) dan Kesimpulan

f. Hari Senin Tanggal 01 Maret 2021 pembacaan Putusan

Sidang dilanjutkan besok tanggal 23 Februari 2021 pukul. 11.00 WIB dan akan berkelanjutan sesuai keputusan sidang hari ini. Dengan agenda  jawaban dari termohon dan turut termohon.