Home / Berita Kompolnas / Kompolnas Cek Penanganan Karhutla di Katingan

Kompolnas Cek Penanganan Karhutla di Katingan

Irjen Pol (purn) Yotje Mende didampingi Brigjen Pol Yehu Wangsajaya dan Wakapolres Katingan Kompol Ok Azhar saat uji coba alat pemadam api yang dimodifikasi pada kendaraan dinas patroli roda dua, Kamis (29/8)

KASONGAN – Dalam rangka pengawasan kinerja Polri untuk penanganan kebakaran hutan dan lahan (karhutla), Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) berkunjung ke Polres Katingan, Kamis (29/8). Kedatangan Kompolnas ini untuk mengecek penanganan karhutla di daerah itu.

Kunjungan kali ini dipimpin Komisioner Kompolnas Irjen Pol (purn) Yotje Mende dan didampingi Kepala Sekretariat Kompolnas Brigjen Pol Yehu Wangsajaya dan staf Itwasda Polda Kalteng. Kedatangan rombongan Kompolnas kemarin disambut Wakapolres Katingan Kompol Ok Azhar dan sejumlah pejabat lainnya.

Komisioner Kompolnas Irjen Pol (purn) Yotje Mende mengungkapkan tentang sejarah berdirinya Kompolnas dan tugas serta kewenangannya. Salah satuntya yaitu melakukan pengawasan terhadap kinerja Polri dalam penanganan karhulta.

“Karhutla saat ini menjadi trending topik berita nasional. Karena hampir di setiap wilayah di Indonesia terjadi karhutla, khususnya di wilayah Sumatera dan Kalimantan. Sehingga Kompolnas selaku pengawas tugas Polri ikut bertanggung jawab terhadap kinerja Polri dalam penanganan karhutla, dan langkah-langkah apa saja yang sudah dilaksanakan oleh Polri, khususnya Polres Katingan dalam penanganan karhutla tersebut,” kata Yotje Mende.

Sementara Kapolres Katingan AKBP E Dharma B Ginting melalui Wakapolres Kompol Ok Azhar menjelaskan, langkah-langkah yang sudah dilakukan pihaknya yaitu melaksanakan operasi mandiri kewilayahan dengan sandi operasi Bina Karuna Telabang 2019. Sebagai pra kondisi karhutla dengan melakukan binluh, sosialisasi dan pemasangan spanduk.

Selain itu, dalam penanggulangan karhutla, Polres Katingan bekerjasama dengan Manggala Agni dan BPBD, baik tingkat Provinsi Kalteng maupun Kabupaten Katingan membentuk tim gabungan dengan melaksanakan patroli pencegahan dan penanganan karhutla yang terjadi di Katingan. “Polres Katingan juga membuat inovasi dalam penanganan karhutla, yaitu memodifikasi kendaraan dinas patroli roda dua yang ada di polres dan polsek yang dilengkapi dengan alkon, selang dan nozzle. Sehingga apabila saat patroli menemukan karhutla langsung melakukan penanganan untuk memadamkan api,” ungkap wakapolres.

Usai memberikan arahan, Irjen Pol (purn) Yotje Mende didampingi Brigjen Pol Yehu Wangsajaya dan sejumlah pejabat kepolisian uji coba alat pemadam api yang dimodifikasi kendaraan dinas patroli roda dua Polres Katingan. Juga mengunjungi sentra pelayan publik Polres Katingan, baik pelayanan SPKT, SKCK, pelayanan sidik jari serta pelayanan SIM. (eri/ens/ctk/nto)

Reporter: Joni

Sumber: kaltengpos.co – 30-08-2019, jam 09:13:56
http://www.kaltengpos.co/berita/-30605-kompolnas_cek_penanganan_karhutla_di_katingan.html