Home / Berita Kompolnas / Kompolnas Berharap Idham Aziz Benahi Internal Reskrim

Kompolnas Berharap Idham Aziz Benahi Internal Reskrim

Kapolda Metro Jaya Irjend Idham Azis saat memberikan keterangan pers di Mapolda Metro Jaya, Senin (24/9/2018).(Kompas.com/Sherly Puspita)

 

JAKARTA, KOMPAS.com – Komisioner Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) Poengky Indarti berharap Kepala Bareskrim Polri yang baru Irjen Idham Azis mampu melanjutkan dan menuntaskan kinerja dari Komjen Arief Sulistyanto.

 

Idham terutama perlu membenahi dan meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan profesionalitas anggota reserse kriminal.

 

Arief akan menduduki jabatan baru sebagai Kepala Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Polri. Arief yang menjabat Kabareskrim sejak 17 Agustus 2018 akan digantikan Irjen Idham Azis yang sebelumnya Kapolda Metro Jaya.

 

“Saya berharap agar Pak Idham (Idham Aziz) dapat menjadikan Reskrim makin profesional dalam melaksanakan tugas-tugasnya,” kata Poengky saat dihubungi, Rabu (23/1/2019).

 

Selain pembenahan internal, tutur Poengky, Reskrim juga harus makin profesional dalam menangani kejahatan-kejahatan transnasional, lalu kejahatan-kejahatan tingkat tinggi.

 

“Kejahatan yang terkait dengan situasi saat ini adalah hate crime yang dilakukan secara langsung maupun melalui sosial media atau kejahatan cyber,” tutur Poengky.

 

Misalnya, kasus hoaks 7 kontainer pembawa surat suara tercoblos dan hoaks penganiayaan Ratna Sarumpaet. Poengky mengatakan, masih ada pekerjaan rumah yang harus diselesaikan Idham, antara lain kasus penyiraman air keras terhadap penyidik senior KPK Novel Baswedan.

 

“Reskrim diharapkan cepat dalam melakukan penyelidikan dan penyidikan berdasarkan scientific crime investigation dan melaksanakan tertib administrasi guna mewujudkan kepastian hukum,” kata Poengky.

 

Sebelumnya, Kepala Polri Jenderal (Pol) Tito Karnavian kembali merombak susunan pejabat perwira tinggi dan menengah. Ada 48 perwira tinggi dan menengah yang dimutasi.

 

Kapolda Metro Jaya Irjen Idham Azis dipromosikan menjabat Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim).

 

Idham akan menggantikan posisi Komjen Arief Sulistyanto yang akan menempati jabatan Kalemdiklat Polri.

 

Hal tersebut tertuang dalam Surat Telegram Kapolri Nomor ST/188/I/KEP.2019 tertanggal 22 Januari 2019, yang ditandatangani Asisten Kapolri bidang SDM Irjen Eko Indra Heri.

 

Sementara itu, posisi Kapolda Metro Jaya akan dijabat Irjen Gatot Eddy Pramono, yang saat ini menjabat Asrena Kapolri.

 

Lalu, posisi Asrena akan diisi Irjen Agung Sabar Santoso.

 

Sementara Komjen Unggung Cahyono yang kini menjabat Kalemdiklat Polri akan menempati jabatan baru, yakni Kepala Badan Intelijen dan Keamanan (Kabaintelkam).

 

Kabaintelkam saat ini, Komjen Lutfi Lubihanto, akan memasuki masa pensiun.

 

 

Penulis : Reza Jurnaliston
Editor : Sabrina Asril

 

Sumber: Kompas.com – 23/01/2019, 08:10 WIB
https://nasional.kompas.com/read/2019/01/23/08105711/kompolnas-berharap-idham-aziz-benahi-internal-reskrim