Home / Kompolnas: Berangus Miras Oplosan Tanggung Jawab Kita Semua

Kompolnas: Berangus Miras Oplosan Tanggung Jawab Kita Semua

 

 Komisioner Kompolnas Poengky Indarti (Foto: Ist)

Komisioner Kompolnas Poengky Indarti (Foto: Ist)

JAKARTA – Komisioner Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) Poengky Indarti menyebut bahwa pelaku penjual minuman keras (miras) oplosan harus ditindak tegas oleh aparat penegak hukum. Mengingat, banyaknya korban jiwa yang tewas akibat mengonsumsi miras ilegal itu.
Untuk menekan peredaran miras oplosan, kata Poengky, memang diperlukan kerjasama seluruh elemen masyarakat agar dapat membantu kinerja dari aparat kepolisian memberangus minuman haram tersebut.
“Sehingga peredaran miras oplosan dapat digagalkan dan ditindak tegas pelakunya,” ucap Poengky kepada Okezone, Sabtu (14/4/2018).
Dalam catatan sementara kepolisian, setidaknya ada 89 orang yang tewas akibat mengonsumsi miras oplosan di beberapa daerah Indonesia.
Tak hanya itu, Poengky berpendapat bahwa, untuk menghindari banyaknya korban yang jatuh akibat miras oplosan itu, peran pengawasan orangtua terhadap anak-anaknya juga perlu ditingkatkan.
Tak hanya itu, menurutnya, dalam bangku sekolah anak juga harus diberitahukan bahaya akan mengonsumsi minuman berlakohol.
“Tanggung jawab kita semua untuk menjaga generasi muda agar terhindar dari bahaya miras oplosan,” ucap dia.
Oleh karenanya, menurut Poengky, masyarakat juga harus berperan serta aktif dalam mengawasi lingkungan sekitarnya apabila terdapat toko yang diduga menjual miras oplosan.
“Selain itu, yang paling penting adalah pendidikan dan pemahaman pada masyarakat, khususnya anak dan remaja untuj tidak mengonsumsi miras,” tutur dia.
Di sisi lain, Poengky menekankan, bahwa memang harus ada kesadaran dari diri sendiri mengenai bahaya dari konsumsi miras yang dicampur dengan bahan atau zat berbahaya.
“Pengonsumsi miras oplosan yang seharusnya sadar bahwa mengonsumsi miras oplosan itu berbahaya dan dapat menyebabkan ke rusakan organ tubuh, bahkan kematian,” tutup dia. (Ari)
Sumber:

[Puteranegara Batubara • okezone.com • Minggu 15 April 2018 06:15 WIB] https://news.okezone.com/read/2018/04/15/337/1886805/kompolnas-berangus-miras-oplosan-tanggung-jawab-kita-semua